Mohon tunggu...
KKNP KELOMPOK35
KKNP KELOMPOK35 Mohon Tunggu... MAHASISWA KKN PENCERAHAN UNIVERSITAS MUHAMADIYAH SIDOARJO PEJANGKUNGAN KELOMPOK 35

MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMADIYAH SIDOARJO

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Memakai Masker untuk Masyarakat Pengupas Bawang Merah di Desa Pejangkungan

4 Maret 2021   13:03 Diperbarui: 4 Maret 2021   13:07 27 1 0 Mohon Tunggu...

Sidoarjo , 04 Maret 2021 .

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang tergabung dalam tim program unggulan KKN (Kuliah Kerja Nyata) pencerahan 2021 pada Tanggal 22 Februari 2021 membagikan masker kepada warga Desa Pejangkungan khususnyaa kepada  ibu-ibu , pentingnya memakai masker untuk mencegah penyebaran virus covid-19.

Warga didesa pejangkungan khususnyaa ibu-ibu rumah tangga bekerja sebagai pengupas bawang merah. Dan pekerjaan tersebut di lakukan berkelompok yang terdiri dari 3-5orang. Dalam melakukan pekerjaan tersebut kebanyakan dari masyarakat mengabaikan pentingnya memakai masker. Dengan adanya memakai masker dapat mengurangi dan memutus penyebaran virus covid-19.

Masyarakat beranggapan bahawa  penyebaran virus corona hanya untuk orang yang memiliki penyakit bawaan seperti jantung, paru - paru dan sesak nafas. Padahal dengan adanya kegiatan yang mereka lakukan berpotensi rentan tertular virus covid-19.

"Saya beranggapan setiap hari saya tidak memakai masker tidak ada masalah. Dan memakai masker hanya akan membuat pekerjaan semakin rumit karena harus membersihkan bawang di sungai. Dan juga warga pejangkungan belum ada sati wargapun yang terpapar virus covid-19" ujar ibu siti warga Pejangkungan RW 03).

Mahasiswa KKN UMSIDA melakukan sosialisasi tentang pentingnya memakai masker dalam mengupas bawang merah dan bawang putih. Dengan adanya kegiatan ini kami berharap masyarakat lebih menyadari akan pentingnya memakai masker dimasa pandemi. Selain itu, Kami juga membagikan masker kepada masyarakat terutama yang sedang bekerja mengupas bawang. Kegiatan pembagian masker dilakukan sebagai satu sasaran dan sebagai kepedulian Mahasiswa KKN Umsida terhadap pencegahan penyebaran virus covid-19 yang selama ini masih kurang diperhatikan oleh beberapa warga Pejangkungan.

Penulis             : Yolanda Bety Widianingtyas ( 182030100002 )

Di Edit               : Laili Zulfana Margaretha      ( 188620600133 )

VIDEO PILIHAN