Mohon tunggu...
Hery Syofyan
Hery Syofyan Mohon Tunggu...

Banyak baca dapat menambah cakrawala pola pikir kita....suka bola & balap..

Selanjutnya

Tutup

Bola

Penghargaan Baru FIFA, The Best FIFA Football Awards

4 November 2016   09:58 Diperbarui: 4 November 2016   10:04 219 10 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penghargaan Baru FIFA, The Best FIFA Football Awards
Sumber: soccer.sindonews.com

Dengan berakhirnya kerjasama antara badan otoritas sepakbola dunia FIFA dengan media Prancis France Football per September kemaren. Seperti yang pernah diberitakan sebelum ini bahwa FIFA dan France Football memang melakukan kerja sama dengan nilai kontrak 15 juta Euro sejak tahun 2010 lalu untuk memberikan penghargaan bagi pesepakbola terbaik dunia dengan memberikan gelar Penghargaan FIFA Ballon d'Or. Kedepan masing-masingnya akan memberikan penghargaan sendiri-sendiri. "Kesepakatan kontrak antara FIFA dengan France Football habis bulan Januari. Awal Agustus kami sudah bilang ke France Football takkan memperpanjang kontrak," sebut FIFA dari laman AFP.

Seperti diketahui sejak tahun 1956 France Football setiap tahunnya selalu memberikan penghargaan Ballon d'Or bagi pesepakbola terbaik dunia. Berikutnya selama enam tahun mereka bekerja sama dengan FIFA. Selama kerjasama itu berlangsung mereka sudah memberikan gelar FIFA Ballon d'Or kepada pesepakbola di Liga Spanyol, Lionel Messi (Barcelona/Argentina). Messi sempat meraih empat title. Sementara sisanya dua title lainya diraih oleh Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Portugal).

Dengan demikian mulai penghargaan tahun ini kita akan kembali melihat dua versi penghargaan. Pertama versi France Footbal dengan Ballon d’Or nya dan FIFA dengan The Best FIFA Football Awards.Sekedar catatan pemain yang terkahir berhasil meraih gelar Ballon d'Or dan Penghargaan Pemain Terbaik FIFA adalah Kaka (Brazil) pada tahun 2007 lalu. 

Dengan berakhirnya kerja sama ini maka pemenang Ballon d'Or untuk kedepannya akan kembali ditentukan oleh pilihan jurnalis--pemain dan pelatih tim nasional tak lagi punya hak suara.

Sementara FIFA juga akan tetap memberikan penghargaan pemain terbaiknya baik itu untuk pesepakbola putra maupun putri. FIFA yang secara resmi sudah merilis seremoni penghargaan untuk dunia sepakbola untuk menyaingi Ballon d'Or dengan nama The Best FIFA Football Awards.

Menurut FIFA ajang ini akan menjadi penghargaan tertinggi bagi insan sepakbola dunia, baik itu bagi pemain dan juga pelatih. Pemilihan suara dihasilkan dari 50% of decision via international captain/coach vote, 25% via online public vote, 25% via selected media representatives "Ini adalah sebuah event baru dengan pendekatan-pendekatan baru untuk merayakan permainan yang kita semua cintai," kata presiden FIFA Gianni Infantino.

Menurut rencana 23 kandidat peraih penghargaan bakal diumumkan hari ini 4 November 2016, Sementara untuk tiga kandidat finalis akan diumumkan pada 2 Desember 2016 nanti. Untuk acara puncak penganugrahan The Best FIFA Football Awards akan berlangsung di Zurich, Swiss, pada 9 Januari 2017 mendatang. Sebulan setelah peraih Ballon d’Or 2016

Berikut Delapan penghargaan FIFA tersebut antara lain

1. The Best Pesepak bola pria terbaik 2016
2. The Best pesepak bola wanita terbaik 2016
3. The Best pelatih sepak bola pria terbaik 2016
4. The Best pelatih sepak bola wanita terbaik 2016
5. FIFA Puskas Award (penghargaan untuk gol terbaik) 

6. Penghargaan FIFA untuk tim fair play 2016
7. Penghargaan FIFA untuk fans terbaik 2016
8. Penghargaan FIFA FIFPro World11 atau 11 pemain terbaik dunia.

Ok lah kalau begitu mari kita tunggu saja,  apakah pemain terbaik peraih Ballon d’Or tahun ini akan sama dengan peraih pemain terbaik FIFA tentunya menarik untuk ditunggu…………

Salam Olah Raga

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x