Mohon tunggu...
Hery Syofyan
Hery Syofyan Mohon Tunggu...

Banyak baca dapat menambah cakrawala pola pikir kita....suka bola & balap..

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Alexis Sanches (Chile), Antara Laga ke-100 & Final Copa America 2016

24 Juni 2016   21:01 Diperbarui: 24 Juni 2016   21:07 9 14 12 Mohon Tunggu...
Alexis Sanches (Chile),  Antara Laga ke-100 & Final Copa America 2016
www.espn.com.ar

Laga semifinal antara Chile vs Kolombia kemaren (23/6/2016) sekaligus menjadi penampilan ke-100 dari seorang Alexis Sanches bagi timnas negaranya Chile, dimana kemaren Chile berhasil mengalahkan Kolombia dengan skor 2-0 yang sekaligus hasil itu mengantarkan Chile melaju ke babak Final Copa America Centenario 2016 ini dan mereka akan bertemu dengan seterunya di final tahun lalu Copa America 2015 yaitu Argentina. 

Dalam pertandingan melawan Kolombia kemaren Sanchez sempat menciptakan tiga peluang mencetak gol (1 on target). Berikutnya Sanchez juga terlibat dalam terciptanya gol kedua Chile yang dicetak Jose Fuenzalida. Terciptanya gol itu berawal dari umpan panjang Claudio Bravo, Sanchez yang berhasil melewati seorang bek Kolombia langsung melepaskan tembakan yang keras namun membentur tiang gawang. Bola rebound itu dimamfaatkan dengan sempurna oleh Fuenzalida dengan mencebloskannya ke gawang yang kosong.

Dengan pencapaian ke 100 bagi timnas Chile ini, Alexis Sanchez kini menjadi pemain dengan jumlah caps terbanyak kedua dari timnas Chile setelah Claoudio Bravo dengan 105 penampilan untuk timnas Chile, Sanchez masih unggul dari Gary medel (94), Gonzalo Jara (94) dan sosok legendaris, Leonel Sanchez (85).

Alexis Sanchez mulai membela Cile di ajang internasional untuk level senior pada 27 April 2006 dimana saat itu Cile bertemu New Zealand. Sampai saat ini Sanchez sudah menyumbangkan 34 gol bagi timnas Chile, dengan pencapaian Gol sebanyak itu Sanches  sudah dapat disejajarkan dengan Ivan Zamorano (34). Ia hanya berselisih tiga gol dari top skorer sepanjang masa Cile, Marcelo Salas (37). Pesaing terdekatnya saat ini adalah rekan setimnya, Eduardo Vargas (31 gol).

Profi Alexis Sanches dok.pribadi (goal.com)
Profi Alexis Sanches dok.pribadi (goal.com)
Alexis Sanches saat ini masih membela Arsenal (EPL-Ingris) namun konon kabarnya sedang didekati oleh Juventus satelah kelub asal Turin Italia itu menjual  Alvaro Morata yang kembali ke Real Madrid. Uang hasil penjualan Morata itu seperti diberitakan akan digunakan untuk menawar Sanchez kepada Arsenal. “Kami adalah tim yang memang selalu diperhitungkan. Jadi wajar apabila ada banyak pemain top yang dikaitkan dengan kami. Sanchez, jelas ia merupakan pemain yang berkualitas,” tutur manajer umum Juve, Beppe Marotta,

Seperti yang diberitakan Sanches saat ini memang menjadi target potensial bagi Juventus dibanding pilihan striker lainya seperti Edinson Cavani (Paris Saint-Germain) dan Romelu Lukaku (Everton) yang sesuai banderolnya dianggap terlalu mahal. Sementara itu Arsenal dikatakan tidak akan melepas Sanchez di bawah £35 juta (sekitar €45 juta) sesuai harga yang mereka bayarkan kepada Barcelona saat memboyongnya Sanches di tahun 2014 lalu

www.goal.com
www.goal.com
Fakta Menarik dan Perjalanan Karir Alexis Sanchez :

Alexis Sanchez memulai karir profesionalnya tahun 2005 bersama klub Cobreloa (Chile). Setahun kemudian, ia pindah ke Serie-A Italia bergabung bersama klub Udinese. Pada 2006 ia dipinjamkan ke klub Colo-Colo (Chile), tampil sebanyak 32 kali dan mencetak 5 gol. Setahun kemudian ia kembali dipinjamkan ke klub Argentina, River Plate di klub inilah Sanches mulai menunjukkan perkembangan signifikan. Total 23 caps dan 4 gol berhasil ia cetak.

Sekembalinya dari masa peminjaman, Sanchez yang kian matang dan berhasil menjadi andalan di lini depan Udinese bersama Antonio Di Natale. Dalam lima musim, Sanches mengoleksi 95 caps dan 20 gol. Pada bulan Juli 2013, Sanchez hijrah ke Barcelona dengan nilai transfer 25 Juta Pounds. ISelama bermain di Barcelona ia menjadi salah satu kunci sukses bagi Barca dalam meraih banyak gelar. 3 musim berseragam Barcelona, Sanches bermain 88 caps dan menciptakan 39 gol.

Tahun 2014, Sanchez memilih tidak memperpanjang kontrak nya dengan Barcelona dan sebagai lanjutan karir sepakbola nya. Berikutnya ia bermain untuk Arsenal dengan nilai transefer sebesar 35 juta Poundsterling. Dimusim pertama nya bersama Arsenal, Sanchez sukses mengantarkan Arsenal, finis di peringkat empat besar klasemen dan berhasil meraih trophi FA Cup 2014/15. sekaligus di tahun yang sama 2014/15 Sanches sukses mengantarkan negara nya, Chile untuk pertama kalinya menjuarai Copa America 2015, dengan mengalahkan tim kuat Argentina di parta final lewat adu pinalti.

Final Copa America Centenario 2016 kali ini juga sekaligus merupakan Final ke Empat bagi Chile di ajang Copa America ini yaitu 1979, 1987, dan 2015 saat Chile berhasil tampil sebagai juara Copa America untuk pertama kalinya. Selama di Copa America Centenario 2016 ini, Sanchez telah bermain sebanyak lima kali dan mencetak tiga gol. Dari catatan statistiknya (Opta) di Copa America ini Sanchez berhasil berkontribusi 15 tembakan dan 12 diantaranya on target. Akurasi Sanchez pun berada di angka 80 persen. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN