Mohon tunggu...
H. Alvy Pongoh
H. Alvy Pongoh Mohon Tunggu... Traveller & Life Learner

I am a very positive person who love to do the challenge things and to meet the new people. I am an aviation specialist who love to learn, share, discuss, write, train and teach about aviation business and air transport management.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pola Hidup Baru Naik Pesawat Udara

9 Juni 2020   10:00 Diperbarui: 9 Juni 2020   09:58 356 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pola Hidup Baru Naik Pesawat Udara
Foto Paparan Dalam Halal Bihalal Virtual SMAN 3 Surabaya Angkatan 1990 (dokpri)

Hari Minggu tanggal 07 Juni 2020 kemarin saya mengikuti acara Halal Bilhalal Virtual Alumni SMA Negeri 3 Surabaya (Smagabaya) Angkatan 1990. 

Tahun 2020 ini saya dan teman-teman harusnya merayakan 30 tahun kami menjadi alumni Smagabaya. Namun karena pandemi Covid-19 yang menimpa dunia termasuk Indonesia, maka kami terpaksa hanya bisa temu kangen secara daring (online) melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dalam acara yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut, menampilkan 3 orang narasumber alumni Smagabaya pada sesi "sharing knowledge" yaitu: dokter Itjuk Listianto, dokter Budi Wahono dan saya sendiri, H. Alvy Pongoh. 

Kedua orang dokter itu membahas soal pandemi & penanganan Covid-19 yang sedang menjadi "hot issue" saat ini. Banyak rekan alumni yang bertanya berbagai hal soal kesehatan & pengobatan Covid-19 kepada 2 dokter ganteng itu.

Sesuai latar belakang saya sebagai Dosen, Konsultan dan Praktisi Penerbangan, saya mendapat kesempatan untuk membahas soal "Pola Hidup Baru (New Normal) Naik Pesawat Udara". 

Saya pun menyiapkan materi presentasi sebanyak 15 halaman yang berkaitan dengan tema tersebut. Ada 7 (tujuh) Pola Hidup Baru Naik Pesawat Udara saat dan pasca pandemi Covid-19 yang saya paparkan. Supaya gampang diingat oleh siapapun saya singkat dengan istilah "PANDEMI".

Foto Paparan 7 Pola Hidup Baru Naik Pesawat Udara (dokpri)
Foto Paparan 7 Pola Hidup Baru Naik Pesawat Udara (dokpri)

1. Persiapan fisik
Para penumpang pesawat udara harus mempersiapkan kondisi fisiknya dengan baik sebelum melakukan perjalanan penerbangan. Disarankan untuk olahraga secara teratur, makan makanan yang bergizi serta istirahat atau tidur yang cukup sebelum terbang keesokan harinya.  Selain itu harus selalu memeriksa suhu badan dan tensi darahnya. Saat check in di bandara nantinya para penumpang akan diperiksa suhu badannya oleh petugas. Akan lebih baik bila penumpang melaksanakan check up kesehatan secara rutin sehingga memiliki catatan riwayat penyakit.

2. Atur waktu
Para penumpang diharapkan dapat mengatur waktunya dengan baik dan disarankan untuk berangkat lebih awal ke bandara sebagai antisipasi macet di jalan dan antrian masuk ke terminal keberangkatan. Maskapai penerbangan meminta kepada para penumpang untuk check in 4 (empat) jam sebelum jadwal keberangkatan oleh karena ada proses pemeriksaan dokumen oleh petugas yang memakan waktu cukup lama. Selain itu proses untuk keluar dari terminal kedatangan pun bisa mencapai sekitar dua jam untuk mengambil bagasi dan pemeriksaan dokumen oleh petugas.

3. Niat sehat
Kesehatan adalah modal utama dalam sebuah perjalanan panjang dengan moda transportasi apapun. Selama proses perjalanan dengan pesawat udara para penumpang diwajibkan untuk selalu menggunakan masker yang menutup hidung dan mulut.  Selain itu para penumpang disarankan untuk membawa face shield, hand sanitizer, tissue kering dan basah secara mandiri. Disarankan juga bagi para penumpang untuk membawa suplemen dan obat-obatan pribadi sebagai pelengkap dalam penerbangan agar selalu sehat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x