Mohon tunggu...
Hotmian Simalango
Hotmian Simalango Mohon Tunggu... Guru - I am His

Saya suka mendengarkan lagu Taylor Swift, menonton film romantis dan membaca comic romance

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Nama Episode Empat

27 Januari 2021   19:35 Diperbarui: 27 Januari 2021   19:38 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Hotmian juga bisa berarti konsisten. Hal yang paling konsisten yang terjadi dalam hidup saya adalah kesepian. keadaan yang konsisten seperti ini berlangsung selama tiga tahun penuh dan semakin diperburuk setelah saya jadi anak rantau. 

Saya tinggal sendirian di rumah kontrakan baru yang sebelah kiri, kanan, depan belakang masih kosong. Saya sangat jarang mendengar suara interaksi manusia lain, selain saat di sekolah. 

Di rumah itu, tidak ada suara makhluk gaib (yang saya juga tidak inginkan), aktivitas makhluk hidup lain, atau suara-suara lain yang bisa saya dengar. Setiap hari adalah sunyi, sepi dan hanya ada saya sendiri yang bersuara di tengah bisingnya Ibu Kota.  

Saya banyak menghabiskan waktu untuk diam dan mendengarkan suara di dalam kepala saya sendiri. Saya sendiri juga tidak banyak bersuara saat melakukan aktivitas harian atau saat berkumpul bersama rekan kerja di sekolah. Hati saya sangat kosong dan nelangsa mengakui bahwa saya kesepian dan sendirian. 

Saya sedih dan marah dengan keadaan yang sangat tidak menyenangkan ini. Saya tau, ada beberapa teman sekampung yang juga bekerja di sini, tapi saya tidak tertarik untuk bertemu. 

Saya tau, saya bisa membangun relasi dengan teman-teman baru, tapi saya terlalu was-was dan tidak mau membuka diri. Terakhir, saya terjebak sendirian dalam dunia yang saya ciptakan sendiri, ya kesepian. 

Saya bukan sombong karena tidak mau bergaul dengan orang asing, tapi saya memang pribadi yang menghindari melakukan hal yang membuat saya tidak nyaman. Jika tidak ada aturan harus, saya akan menolak pertemuan dengan sopan. 

Saya merasa lebih nyaman saat saya sendirian, sekaligus saya juga merasa nelangsa saat saya sendirian. Ini cukup aneh ya, saya juga tidak tahu mengapa saya se-aneh ini. 

Saya merasa nyaman tapi sedih ketika saya sendirian, tapi saya merasa terganggu ketika saya bersama orang lain. Perlahan saya menyadari, kesepian ini tidak terlalu buruk untuk dinikmati. 

Kesepian yang secara konsisten hadir ini memberikan saya kesempatan untuk saya menemukan kehangatan di dalam diri saya sendiri. Saya merasa hangat, nyaman, dan jatuh cinta pada Hotmian yang sebenarnya. 

Kesepian memberikan saya petunjuk dan jalan untuk mengenal diri saya yang sebenarnya, mengajari saya untuk berani melihat ke dalam diri yang paling dalam, dan akhirnya memampukan saya untuk menerima diri sebagai pribadi yang utuh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun