Mohon tunggu...
Hosnan Riyadi
Hosnan Riyadi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Millenial Preneur

Hallo semuanya. I'm here, sekedar berbagi informasi melalui coretan-coretan sederhana. Semoga bermamfaat.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

PA GMNI Sidoarjo Gelar Diskusi, Potensi Kaum Muda di Pemilu 2024

5 Oktober 2022   06:24 Diperbarui: 5 Oktober 2022   06:29 235 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sidoarjo - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Kabupaten Sidoarjo mengadakan diskusi via zoom dengan tema "Potensi Kaum Muda di Pemilu 2024" yang dipandu oleh Ketua DPC PA GMNI Sidoarjo Bung Eko Rinda, 29/09/2022.

Hasil survey Centre For Strategic And International Studies (CSIS) yang rilis september 2022 bahwa partisipasi politik pemilih muda meningkat dari pemilu 2014 ke pemilu 2019 yaitu: 85,9% pemilu 2014, dan 91,3% pemilu 2019. Adapun yang tidak memilih yaitu: 11,8% pemilu 2014, dan 8,0% pemilu 2019. Sedangkan yang tidak menjawab 2,3% pemilu 2014 dan 0,7% pemilu 2019.

Merujuk pada gelaran Pilkada Provinsi Jawa Timur tahun 2020 sekitar dari 18 kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada, beberapa kabupaten dimenangkan calon muda yaitu Sidoarjo, Gresik, Kediri dan Tuban, ungkap Deni Wicaksono, S.Sos.

"ini merupakan anak-anak muda yang sukses berhasil masuk ke ranah politik dan langsung menjadi kepala daerah" imbuhnya.

Lebih lanjut Ketua DPD PA GMNI Jawa Timur mengatakan, pentingnya berpolitik praktis bagi pemuda dan terlibat aktif di ruang publik khususnya media sosial untuk menarik simpati masyarakat khususnya pada momentum pilkada atau pemilu.

Diwaktu yang sama Prof. Dr. Gempur Santoso, M.Kes Guru Besar bidang Ergonomi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo mengatakan, ada dua jenis pemuda, yaitu pemuda idealis dan floating mass. Pemuda-pemuda tersebut sangat membutuhkan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan masa depannya cerah, adapun sistem kerja outsorcing saat ini tidak menjamin kesejahteraan masa depan para pekerja, dan seharusnya ini menjadi fokus pada pemilu 2024 khususnya kepada partai politik peserta pemilu, ungkapnya.

Diskusi via zoom tersebut juga diisi oleh Achmad Room Fitrianto Kaprodi S1 Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya dan Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd, Dosen Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Kepada media Rabu, 5/10/2022 Ketua DPC PA GMNI Sidoarjo Bung Eko Rinda mengatakan, kedepan PA GMNI Kabupaten Sidoarjo akan merumuskan program-program strategis dan  mengadakan diskusi rutin. Harapannya semua alumni dan adik-adik kader aktif GMNI Sidoarjo terlibat aktif dan saling bersinergi, ungkapnya. (Adit)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan