Mohon tunggu...
hosiana krisnaputri
hosiana krisnaputri Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

halo saya oci

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Nostalgia, Inilah Tips Belajar Efektif Saat Kuliah Offline!

22 November 2020   23:33 Diperbarui: 23 November 2020   00:23 70 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nostalgia, Inilah Tips Belajar Efektif Saat Kuliah Offline!
tanyajawab.idntimes.com

Pasti di antara kalian banyak yang merasa rindu untuk mengikuti perkuliahan secara offline kan? Ya, bagi sebagian besar mahasiswa di Indonesia khususnya dalam lingkup Universitas Atma Jaya Yogyakarta sempat mengeluh dan mempertanyakan kapan kuliah tatap muka dilaksanakan kembali. 

Hal tersebut dikarenakan banyak mahasiswa yang merasa bahwa mereka lebih memahami materi yang disampaikan oleh dosen secara langsung dibanding harus melihat dosen menjelaskan menggunakan video conference. Jika kuliah tatap muka diadakan kembali, simak yuk tips belajar efektif saat kuliah offline dibawah ini!

1. Datang tepat waktu

Hal ini sangat penting dan harus diperhatikan oleh para mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan karakter tiap dosen yang berbeda dan memiliki rules yang berbeda pula. 

Ada yang memberikan toleransi keterlambatan dan adapun yang sama sekali tidak menoleransi adanya keterlambatan. Datang tepat waktu membuat perasaan juga menjadi lebih tenang dan tidak terburu-buru serta memberikan citra yang baik.

2. Aktif Bertanya

Hal tersebut sangat penting dalam dunia perkuliahan baik online maupun offline. Keaktifan bertanya atau menanggapi materi baik presentasi kelompok maupun dosen dapat memberikan nilai tambahan dan menjadi bahan pertimbangan seorang dosen dalam memberikan penilaian akhir. Aktif dalam perkuliahan berdampak positif seperti menumbuhkan rasa ingin tahu dalam diri, menambah wawasan, serta menambah skill berbicara didepan umum dengan baik dan benar.

3. Menciptakan suasana yang tenang dan kondusif

Suasana kelas yang tenang dan kondusif dapat tercipta jika kita sebagai mahasiswa dapat mengontrol interaksi yang kurang perlu dilakukan didalam kelas seperti menggosip dengan teman, bermain gadget, dan lain-lain. 

Selama pembelajaran jangan sampai mengantuk, menguap, melamun, dan tidak memperhatikan ya. Hal tersebut dapat mempengaruhi semangat belajar kita. Perlu diingat, menciptakan suasana kondusif bukan berarti tertidur dikelas ya, sobat.

4. Mengikuti UKM / KPKS

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN