Mohon tunggu...
hosiana krisnaputri
hosiana krisnaputri Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

halo saya oci

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tionghoa Harus Menikah dengan Tionghoa?

28 September 2020   22:30 Diperbarui: 28 September 2020   22:32 29 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tionghoa Harus Menikah dengan Tionghoa?
Tionghoa.info

Persepsi masyarakat yang berpendapat bahwa orang keturunan Tionghoa memiliki tendensi dalam menikah dengan pasangan yang memiliki etnis yang sama sudah menjadi perbincangan sejak jaman dahulu. Hal ini menyangkut persepsi masyarakat yang berbeda-beda. Alasan dibalik pernyataan ini juga ditanggapi dengan hal yang berbeda-beda. 

Persepsi menjadi sebuah hal yang sangat subjektif dan akan membentuk pola. Pola-pola tersebut akan dijelaskan dengan teori persepsi dan budaya, pola persepsi bisa dipelajari. Pendapat setiap orang akan dipengaruhi oleh budaya, terutama perbedaan budaya. Ini tercermin dalam proses atau cara mengamati korelasi antara budaya, proses dan perilaku. 

Proses ini melibatkan dua asumsi utama, yaitu persepsi selektif, dan pola persepsi dapat dipelajari. Persepsi tentang sesuatu bersifat subjektif, yang menjadikan persepsi itu sendiri sebagai hal yang selektif.  Samovar, et al. (2007: 17-19) kebiasaan-kebiasaan berbagai etnis merupakan sesuatu kekuatan kebudayaan yang mempengaruhi bentuk perilaku manusia termasuk perilaku komunikasinya. beberapa hal pertama yang mempengaruhi persepsi individu tentang budaya meliputi pandangan dunia (sistem kepercayaan atau agama, nilai dan perilaku budaya), sistem simbolik (verbal dan nonverbal), dan tiga organisasi sosial (keluarga dan sistem). 

sebenarnya tidak diharuskan, namun realita sosial yang terjadi terdapat sejumlah kepercayaan sejumlah keluarga yang menikahkan anaknya dengan sesama etnis Tionghoa, dan ini tergantung masing-masing individu memandang hal tersebut 

Daftar Pustaka

Samovar, Larry.A., Richard E.Porter & Edwin R. McDaniel, 2007, Communication between Cultures 6th Edition, Thomson and Wadsworth Publishing Company, Belmont California

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x