Mohon tunggu...
Hosea Richard
Hosea Richard Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Semoga melalui artikel yang saya tulis, dapat menjadi pencerahan dan menambah wawasan teman-teman. Selamat membaca.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Menemukan Ambiguitas Kehidupan Melalui Analisis Sosial

22 Februari 2021   14:23 Diperbarui: 28 Maret 2021   02:45 244 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menemukan Ambiguitas Kehidupan Melalui Analisis Sosial
Source: gridphilly.com

Apakah semua yang kita lihat merupakan hal yang aktual?

Setiap hari kita menjumpai banyak sekali fenomena sosial yang terjadi begitu saja. Terlepas dari adanya kesadaran atau tidak, pernahkah anda mencoba untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi di masyarakat?

Kehidupan manusia akan selalu membawa sifat sebagai mahluk sosial. Interaksi yang tercipta setiap harinya menjadi salah satu bagian dalam sistem kehidupan sosial.

Lantas apa yang akan terjadi ketika kita mencoba untuk melihat sebuah fenomena dari dua sisi yang berbeda? Bagaimana jika kondisi sosial tersebut dianalisis secara mendalam?

Mengenal Analisis Sosial

Kenyataannya, hal yang jarang kita pikirkan seperti menganalisis kondisi sosial itu bisa dilakukan. Lalu apa saja yang dianalisis?

Istilah sosial dalam kata masalah sosial, menunjukkan kalau masalah tersebut memiliki kaitan dengan perilaku masyarakat (Singgih, 2006). Kita ditantang untuk membaca situasi apa yang timbul dari masalah sosial.

Analisis sosial membantu kita untuk menemukan makna riil pada fenomena yang terjadi di masyarakat. Kita bisa mengerti apa pusat sebenarnya dalam lingkungan sosial yang dihidupi.

Dengan memahami bagaimana masyarakat bekerja dalam sistem sosial ini, maka ambiguitas kehidupan yang dijalani bisa mencapai pada titik terang.

Eksplorasi dan analisis mendalam pada suatu kondisi sosial akan membuat kita menuai sesuatu yang bermanfaat, antara lain:

1. Pemikiran Secara Komprehensif

Menganalisis sistem sosial yang ada di masyarakat bisa membantu kita untuk berpikir kritis. Akan tetapi, kita harus teliti dan peka demi menemukan akar permasalahan dari kejadian tersebut.

Ketika melihat sebuah fenomena di masyarakat, kita harus berusaha untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Jangan tergesa-tergesa dalam mengambil sebuah keputusan berdasarkan satu sudut pandang saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x