Mohon tunggu...
Geraldo Horios
Geraldo Horios Mohon Tunggu... Lainnya - 没有人 v ホセ

Writing to expand my cup and relieving stress

Selanjutnya

Tutup

Money

Pelajaran Berharga dari Viralnya Holywings

25 Juni 2022   00:08 Diperbarui: 30 Juni 2022   08:57 529 43 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
instagram/holywingsbar

Holywings, kesan pertama yang saya dapatkan jika mendengar tempat ini adalah Bar dan "alkohol". Holywings dikenal sebagai tempat perkumpulan anak muda yang hendak menikmati minuman keras sembari clubbing. Tidak bisa dipungkiri banyak sekali berita yang sempat beredar terkait Holywings.

Berita viral terkait Holywings antara lain,  "Holywings cabang Kemang pernah melanggar PPKM, viral ingin buka cabang Bogor namun dilarang karena tidak boleh ada konsep bar alkohol di Bogor, masuknya Hotman Paris dan Nikita Mirzani sebagai pemegang saham, sebagai tempat pertarungan tinju Vicky dan lain-lain". Yang terbaru viral adalah Promo miras buat yang bernama Muhammad dan Maria. Apa maksud dibalik promo dan apakah ini marketing?

Sumber: Google Trend Indonesia 
Sumber: Google Trend Indonesia 

Dalam pencarian saya tanggal 24/06 di google trend, Holywings menjadi hot topic dalam pencarian google Indonesia dengan 20 ribu lebih pencarian. Jumlah yang cukup fantastis dan marketing yang menarik. Banyak pendapat yang mengatakan untuk apa marketing seperti ini dengan anggapan "Marketing ini hanya membuat viral dan tidak seiring dengan meningkatnya pendapatan, data orang dengan nama muhammad dan maria juga untuk apa". Namun menurut saya, tujuan marketing ini lebih tepatnya sebagai market awareness (mengenalkan brand Holywings ke masyarakat)

Holywings sudah dikenal oleh kalangan "anak muda yang suka clubbing", kalangan "orang yang suka nonton konser musik langsung", kalangan "orang yang suka olahraga tinju", kalangan "orang yang suka nonton bareng (nobar)". Sudah banyak segmen pasar yang terjangkau namun memang itu belum cukup. Saya yakin semua pebisnis di Indonesia menyadari untuk membuat semua kalangan mengenal suatu merek di Indonesia bisa dengan menyinggung agama. Namun hal itu tidak dilakukan karena terlalu berisiko dan netizen Indonesia yang mendadak menjadi 45 saat menyinggung agama. Dengan viralnya ini,mereka akan membuat Holywings terkenal di kalangan "orang-orang beriman". Ya let me say orang-orang beriman dengan posisi tidak tau apa mereka akan mengunjungi holywings di masa depan atau tidak. Yang pasti mereka menyadari bahwa "oh ini Holywings jika suatu saat melewatinya di jalan".

Terlepas manajemen Holywings tidak mengetahui terkait promo ini atau tidak. Promo dengan nama sebagai berikut boleh gratis minum/dapat potongan harga sudah pernah ada sebelumnya. Ya, sama dengan promo potongan harga di alfamart kali ya kira-kira sistemnya. Meskipun sensasional, saya tetap apresiasi cara mereka memasarkan Holywings saat pandemi dengan mengadakan vaksin gratis. 

  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan