Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Cerpenis.

Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (guepedia, 2021). Satu buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Menulis Cerpen Pakai Catatan Kaki, Berlebihankah?

24 September 2021   21:45 Diperbarui: 24 September 2021   22:56 124 16 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menulis Cerpen Pakai Catatan Kaki, Berlebihankah?
Ilustrasi menulis catatan kaki, sumber: womantalk.com

"Yaelah, cerpen kan karangan fiksi, cuma khayalan, atau cerita nyata yang ditambah dikurang, bukan jurnal penelitian atau tulisan opini ilmiah, buat apa repot-repot pakai catatan kaki?"

Barangkali itu yang terlintas sejenak di benak Anda seusai membaca judul tulisan ini. Saya pun terheran-heran dan menyimpan satu pertanyaan: seperlu itukah menambah catatan kaki pada cerpen?

Memang tidak banyak, hanya beberapa, bahkan sedikit, tetapi ada pengarang yang menerapkannya. Pertama kali melihat, saya kucek-kucek mata sambil bergumam, "Tidak salah nih? Saya bukan sedang baca jurnal, kan?"

Iya, cerpen yang sedang saya baca. Salah satunya berjudul "Seperti Gerimis yang Meruncing Merah" karya Triyanto Triwikromo, masuk dalam cerpen pilihan Kompas tahun 2004.

Cerpen
Cerpen "Seperti Gerimis yang Meruncing Merah" karya Triyanto Triwikromo, sumber: dokumentasi pribadi
Catatan kaki dan penggunaannya

KBBI menjelaskan catatan kaki sebagai keterangan yang dicantumkan pada margin bawah pada halaman buku (biasanya dicetak dengan huruf yang lebih kecil daripada huruf di dalam teks guna menambahkan rujukan uraian di dalam naskah pokok).

Ada cara penulisan catatan kaki, mulai dari ukuran huruf, posisi di bawah teks, batas kanan dan kiri dari tepi lembar, dan seterusnya. Seperti diulas di awal, ini biasa digunakan dalam jurnal penelitian atau tulisan opini ilmiah. Karangan fiksi apa perlu?

Catatan kaki pada cerpen

Catatan kaki pada cerpen karya Triyanto Triwikromo, sumber: dokumentasi pribadi
Catatan kaki pada cerpen karya Triyanto Triwikromo, sumber: dokumentasi pribadi
Dari cerpen dimaksud, catatan kaki yang terbaca:

1) Ajwa adalah kurma yang konon ditanam oleh Nabi untuk disantap saat berbuka puasa. Buah itu diyakini sebagai kurma paling dianggap berkhasiat di antara puluhan jenis kurma lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan