Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Cerpenis.

Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (guepedia, 2021). Satu buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jika Kita Sakit, Ini Artinya...

15 Agustus 2021   19:41 Diperbarui: 15 Agustus 2021   20:06 168 17 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jika Kita Sakit, Ini Artinya...
Ilustrasi sedang sakit, sumber: IStockphoto

Daripada sakit hati, lebih baik sakit gigi ini, biar tak mengapa. Rela rela rela aku relakan, rela rela rela aku rela...

Demikian sepenggal lirik lagu yang dipopulerkan oleh Alm. Meggy Z berjudul "Lebih Baik Sakit Gigi". Lagu itu tenar di kalangan pecinta musik dangdut. 

Lirik mengatakan meskipun keduanya sama-sama tidak enak, sakit gigi masih lebih baik daripada sakit hati. Kendati sakit gigi sangat tidak nyaman. 

Bagaimana linu-linu gigi setiap malam membuat sulit tidur. Bagaimana untuk mengunyah saja sakit sekali. Mengurangi nafsu makan dan menghilangkan nikmatnya. Yang pernah sakit gigi, pasti tahu.

Dua hari ini saya pun sedang sakit. Murus-murus beberapa menit sekali, berbentuk cair. Suhu badan naik seketika. Saya pegang leher dan dahi, keduanya panas.

Ada rasa mulas di perut. Seperti masuk angin. Semalam tadi, saya berjuang keras untuk tidur. Kepala toleh sana toleh sini, badan geser kiri geser kanan, mencari posisi nyaman, tetapi tetap saja mata sulit dipejamkan.

Karena sudah menjadi kewajiban setiap hari kami -- para anak -- memberi kabar kepada orangtua, Mama yang di kampung otomatis tahu. 

Beliau menyarankan makan makanan panas dan minum air putih hangat. Taruh minyak kayu putih di dada dan leher. Beliau memang tidak suka sedikit-sedikit makan obat. Pengobatan tradisional lebih dikedepankan.

Saya mencoba tenang saat itu. Saya ingat-ingat apa yang telah saya lakukan sehingga bisa sakit. Jarang-jarang saya sakit. Apa mungkin karena angin kipas terlalu kencang waktu tidur dan menghadap langsung ke badan? Apa sebab saya kurang tidur dan terlalu banyak beraktivitas?

Dalam perenungan itu, saya akhirnya memaknai sakit sebagai:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan