Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Peramai Kanal Cerpen.

Intisari dari kehidupan adalah Berbagi.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Apakah Boleh Memelihara Burung dalam Sangkar?

27 Juli 2020   20:11 Diperbarui: 28 Juli 2020   04:44 242 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Boleh Memelihara Burung dalam Sangkar?
Burung Penulis dalam Sangkar, Ketika Itu, Sumber:Dokpri

Manusia tidak bisa hidup sendiri. Ketika di rumah, selain bersama keluarga (orang tua, istri/suami, kakak, adik, anak, dan lainnya), ada juga yang ditemani dengan binatang peliharaan. 

Seperti kucing dan anjing, binatang yang suka berlarian ke sana kemari. Bagi yang tidak mau repot mengawasi pergerakan binatangnya, bisa memilih burung sebagai alternatifnya. Di dalam sangkar.

Penulis sendiri pernah memelihara burung di kediaman. Waktu itu burung yang dipilih adalah love bird, sepasang, jantan dan betina. Terpukau dengan suara yang cerewet dan bulu yang indah seperti birunya langit, penulis memutuskan untuk memeliharanya.

Burung Penulis sedang Makan Saat Itu, Sumber:Dokpri
Burung Penulis sedang Makan Saat Itu, Sumber:Dokpri
Hampir satu tahun berlalu, burung masih setia menemani. Sampai pada suatu ketika, saat penulis membersihkan sangkarnya, penulis lupa untuk menutup pintu sangkar, sehingga burung tersebut lepas dan mengudara entah ke mana. Sangkar kosong tersebut masih ada hingga sekarang ini.

Sangkar Kosong yang Ditinggal Penghuninya, Sumber:Dokpri
Sangkar Kosong yang Ditinggal Penghuninya, Sumber:Dokpri
Selama memelihara, sebetulnya terjadi polemik dalam diri terkait boleh tidaknya memelihara burung. Ada pendapat yang menyemangati untuk tetap memelihara, di antaranya:

Merdunya kicauan burung;

Burung Berkicau, Sumber:https://techno.okezone.com/ 
Burung Berkicau, Sumber:https://techno.okezone.com/ 
Bagi sebagian orang yang termasuk pecinta burung, kicauan burung adalah sebuah keindahan dan sarana mengurangi stres. Riuhnya kicauan dengan suara yang berbeda-beda antar burung, menjadi salah satu sumber kebahagiaan hidup mereka. Meskipun, ada juga yang merasa bahwa kicauan adalah sebuah kebisingan.

Demi mendapatkan kicauan yang berkualitas, tak jarang banyak yang rela melatih burung berkicau dengan penuh kesabaran. Memberi makanan yang bermutu baik juga termasuk salah satu upaya mereka.

Bentuk tubuh yang menarik;

Burung Murai Batu dengan Ekornya yang Panjang Menawan, Sumber:https://www.hobinatang.com/ 
Burung Murai Batu dengan Ekornya yang Panjang Menawan, Sumber:https://www.hobinatang.com/ 
Burung-burung yang dipelihara di rumah rata-rata selain karena kicauan, karena bentuk tubuhnya. Warna-warni yang indah, ekor yang panjang terurai, paruh yang meruncing tajam, bulu yang lebat, dan segala yang melekat di tubuhnya, merupakan pemandangan yang indah dinikmati oleh pemelihara burung.

Sebut saja burung Murai Batu, Love Bird, Cucak Rowo, Jalak Suren, dan masih banyak lainnya.

Menjadi sumber pendapatan;

Pendapatan, Sumber:https://gowest.id/ 
Pendapatan, Sumber:https://gowest.id/ 
Sejalan dengan poin satu dan dua, burung dengan kicauan bagus dan postur tubuh ideal dan menarik pasti dihargai mahal oleh kalangan pecinta burung. Banyak burung kualitas tinggi ini ditawar dengan harga berjuta-juta. Hal inilah yang membuat bisnis jual beli burung cukup menggiurkan untuk memperkaya pundi-pundi mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x