Mohon tunggu...
Holisatul Maufiyah
Holisatul Maufiyah Mohon Tunggu... Blogger

tidak ada yang tidak mungkin selama kita masih mau berusaha

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Analisis SWOT dan Analisis Industri

19 April 2020   08:57 Diperbarui: 19 April 2020   08:54 14 0 0 Mohon Tunggu...

banyak sekali langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat bisnis kita berkembang pesat dan maju. berikut saya akan menjelaskan tentang Analisis SWOT dan Analisis INdustri. berikut adalah pengertiannya :

1) Pengertian Analisis SWOT

SWOT adalah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman). 

Analisis SWOT mengatur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman utama Anda ke dalam daftar yang terorganisir dan biasanya disajikan dalam kisi-kisi yang sederhana.

Strengths (kekuatan) dan Weaknesses (kelemahan) adalah merupakan seseuatu yang berasal dari internal perusahaan. contohnya adalah pesaing, bahan baku dan tren belanja pelanggan. 

Sedangkan yang berasal dari eksternal adalah Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman). yang mana kita harus tahu bagaimana peluang yang ada dalam perusahaan industri dan bagaimana ancaman-ancaman yang ada di dalam perusahan-perusahaan industri. oleh karena itu kita harus bisa memilih agar kita tahu dimana peluang dengan memiliki ancaman resiko yang baik dan mana yang buruk.

jadi Langkah pertama untuk melakukan analisis SWOT  adalah melihat kekuatan seberapa besar kalian  dan mencari tahu bagaimana kalian dapat menggunakan kekuatan itu untuk memanfaatkan peluang yang ada. 

Lalu, lihat bagaimana kekuatan kalian bisa menuntaskan ancaman yang ada di pasar. Gunakan analisis ini untuk menghasilkan daftar tindakan yang dapat dilakukan. 

jadi untuk memudahkan kita menjalani ini adalah memiliki daftar tindakan yang harus diperioritaskan. manakah yang lebih menguntungkan untuk perusahaan kita, itulah yang menjadi prioritas utama menjalankan bisnis dengan menggunakan Analisis SWOT ini. 

Analisis industri merupakan salah satu bagian dalam analisis fundamental. Analisis industri biasanya dilakukan setelah kita melakukan analisis ekonomi.Dalam analisis industri, investor akan memilih bisnis apa yang ada di dalam perusahaan tersebut yang dapat memiliki peluang yang baik dan bisnis atau produk apa yang dapat menjadikan perusahaan kita baik ataupun buruk. 

Analisis industri dilakukan karena pentingnya kita mengetahui bahwa manakah yang perlu dilakukan untuk menghasilkan sesuatu yang menjanjikan serta sesuai dengan apa yang kita inginkan dan memiliki tujuan yang menjanjikan dan analisis industri ini dilakukan untuk memilih agar perusahaan mana dan bisnis apakah yang dapat menjadi resiko yang terbaik bagi perusahaan yang kita miliki. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN