Mohon tunggu...
Husni Fatahillah Siregar
Husni Fatahillah Siregar Mohon Tunggu...

Menetap di Praha (untuk sementara), karena ke Jakarta aku kan kembali :-)

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Sistem Transportasi Terintegrasi untuk Jabodetabek

4 Maret 2019   18:21 Diperbarui: 5 Maret 2019   03:14 0 4 1 Mohon Tunggu...
Sistem Transportasi Terintegrasi untuk Jabodetabek
Dok. Pribadi

Belakangan ini berita mengenai MRT Jakarta makin santer terdengar, karena jika saya tidak salah, ditargetkan Maret tahun ini sudah bisa beroperasi.

Berbicara mengenai MRT, rasanya memang sudah sejak dulu seharusnya Jakarta memiliki moda transportasi terpadu yang menyambungkan masyarakat dari Jakarta dan wilayah sekitar Jakarta.

Rasanya menjadi aneh ketika pemerintah membangun infrastruktur transportasi massal, namun malah dikritik dan dianggap tidak berguna.

Buat saya kalau bukan sekarang, kapan lagi Jakarta dan wilayah sekitar Jakarta memiliki moda transportasi terpadu. Saya memang bukan pakar transportasi, tapi sebagai masyarakat awam yang sehari-hari menggunakan angkutan umum untuk beraktivitas rasanya kok miris melihat Jakarta sedemikian besarnya tapi keberdaan angkutan umumnya masih jauh tertinggal dibanding negara kecil Singapura.

Saya ingin berbagi sedikit mengenai sistem transportasi di Praha, karena kebetulan saat ini hingga 3.5 tahun ke depan saya akan menjadi "warga Ceko" yang akan menggunakan angkutan umum, rasanya ingin sekali berbagi melalui tulisan ini.

Kota Praha secara administratif terbagi ke dalam 22 distrik, dimana guna menghubungkan warganya dari satu distrik ke distrik lain pemerintah Ceko menggunakan sistem transportasi yang terintegrasi (Prague Integrated Transport atau PIT). PIT ini mencakup metro, tram, bis, kereta api, dan feri. Dari satu distrik ke distrik lain terhubung baik dengan metro, tram atau bis. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, wilayah Praha terbagi ke dalam 22 distrik: Praha 1, Praha 2, Praha 3 dst sampai Praha 22. Praha 1 sampai 6 masih berada di tengah-tengah atau pusat kota. Namun sistem transportasi yang tersedia menjangkau semua wilayah.

Untuk Metro terdiri dari 3 jalur atau line yang dibedakan dalam 3 warna, yaitu: jalur A (hijau), jalur B (kuning) dan jalur C (merah). Jalur metro membelah pusat kota hingga ke wilayah selatan kota Praha. Dan jaringan metro di Praha merupakan jaringan metro tersibuk ke 5 di wilayah Eropa. Untuk tram, kota Praha memiliki 22 jalur yang menghubungkan distrik-distrik di Praha.

Sementara untuk bis, terdapat 130 jalur bis. Dengan keberadaan sistem transportasi terpadu tersebut menjadikan Praha sebagai salah satu kota yang masyarakatnya banyak menggunakan angkutan umum di dunia, sekitar 1.2 juta penumpang per tahun (sumber: wikipedia.org). 

Dan, yang makin membuat menarik adalah pemberlakuan annual ticket untuk seluruh moda transportasi. Jadi, untuk di wilayah administratif kota Praha, penggunaan angkutan umum menggunakan kartu, kalau di Jakarta seperti e-money.

Yang menguntungkan adalah kita bisa membeli tiket tersebut untuk satu tahun seharga 3600 CZK tanpa perlu mengisi (top up) saldo kartu tersebut, dan bebas menaiki semua angkutan umum yang beroperasi di kota Praha tanpa perlu khawatir saldo kurang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3