Mohon tunggu...
Hana MuthiaHanifah
Hana MuthiaHanifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bersama SDN Pangauban 02

10 Agustus 2022   04:23 Diperbarui: 10 Agustus 2022   05:11 97 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN Tematik UPI Kelompok 94 melakukan sosialisasi PHBS di SDN Pangauban 02/Dokpri

Mahasiswa KKN Tematik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kelompok 94 melakukan kegiatan sosialisasi mengenai Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SDN Pangauban 02, Katapang, pada hari senin hingga selasa (25-26/07) selama dua hari.

Terhitung sejak tanggal 10 Juli 2022, Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melaksanakan KKN Tematik yang terbagi dalam 149 kelompok dan menyebar ke berbagai wilayah. Kelompok 94 menempati dua wilayah utama yaitu Kecamatan Katapang dan Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung. Kelompok 94 membawa tema "Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi" dalam merencakan program-programnya.

Salah satu program yang dijalankan Mahasiswa KKN Tematik UPI Kelompok 94 adalah kegiatan sosialisasi mengenai PHBS di SDN Pangauban 02 yang terletak di desa Katapang, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung. Setelah mendapat perizinan oleh bu Enung selaku Kepala Sekolah, Sosialiasi digelar selama dua hari, yakni senin dan selasa (25-26/07) dengan target siswa/siswi kelas 6. Kegiatan tersebut dilakukan di waktu kegiatan belajar mengajar (KBM) sebagai pengganti pembelajaran bagi siswa/siswi.

Kegiatan praktik langkah-langkah cuci tangan pakai sabun (CTPS)/Dokpri
Kegiatan praktik langkah-langkah cuci tangan pakai sabun (CTPS)/Dokpri

Terdapat beberapa pokok yang disampaikan kepada siswa/siswi dalam sosialisasi PHBS tersebut, diantaranya mengenai pengertian PHBS, contoh PHBS, Pentingnya PHBS di lingkungan sekolah, dan bentuk-bentuk PHBS. Aldi Al Rafi Achyar merupakan salah satu mahasiswa anggota kelompok 94 yang ditunjuk untuk menyampaikan materi PHBS dalam sosialisasi tersebut.

Kegiatan kuis setelah pematerian PBHS untuk mengetahui sejauh mana pemahaman para siswa/siswi/Dokpri
Kegiatan kuis setelah pematerian PBHS untuk mengetahui sejauh mana pemahaman para siswa/siswi/Dokpri

Sosialisasi PHBS yang digelar di dua kelas (6A dan 6B) mendapat respon positif dari para siswa/siswi yang mengikuti kegiatan tersebut. siswa/siswi tersebut mengikuti kegiatan sosialisasi PHBS dengan kondusif, gembira, dan aktif karena dalam sosialiasi diselingi dengan berbagai kegiatan lainnya seperti ice breaking, praktek langkah-langkah cuci tangan pakai sabun (CTPS) bersama, dan kuis berhadiah. Dengan begitu, diharapkan para siswa/siswi dapat dengan mudah menangkap dan memahami sosialisasi PHBS yang telah disampaikan. Kegiatan tersebut ditutup dengan pembagian hadiah kepada seluruh siswa/siswi dan foto bersama.  

Foto bersama siswa/siswi SDN Pangauban 02 setelah kegiatan sosialisasi PHBS/Dokpri
Foto bersama siswa/siswi SDN Pangauban 02 setelah kegiatan sosialisasi PHBS/Dokpri


Penulis: Azmii Daffa Muttaqin -- Hanna Muthia Hanifah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan