Mohon tunggu...
HMJKL_Noviana Sri Widyastuti
HMJKL_Noviana Sri Widyastuti Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Hrd worker

instagram @noviana_widy

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penerapan Hidup Bersih dan Sehat Selama Pandemi Covid-19

30 November 2021   13:47 Diperbarui: 30 November 2021   14:10 77 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penerapan Hidup Bersih dan Sehat Selama Pandemi Covid-19 

Coronavirus Disease 2019 atau yang sering disebut covid-19 saat ini telah menjadi perbincangan tidak hanya di Indonesia melainkan di seluruh penjuru dunia. Hal ini merupakan sebuah kejadian luar biasa yang tidak terbayangkan sebelumnya akan menjadi separah ini. 

Dengan adanya covid-19 dapat mematikan banyak sektor di suatu negara, bukan perang senjata, melainkan perang tehadap sebuah mikroorganisme, sehingga memaksa keadaan untuk merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Pada masa pandemi covid-19 penerapan hidup bersih dan sehat sangat penting dan perlu diperhatikan. 

Jumlah kasus infeksi virus corona di Indonesia semakin meningkat dengan bertambahnya kasus angka covid-19. Sudah seharusnya kita patuh terhadap protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah Indonesia. Peran penting dalam mematuhi protokol kesehatan adalah kita gencar melakukan penerapan pola hidup bersih dan sehat selama pandemi covid-19.

Secara umum, penerapan pola hidup bersih dan sehat selama pandemi covid-19 meliputi berbagai langkah untuk membiasakan diri dalam menjalani perilaku hidup sehat. 

PHBS mencakup beberapa cara serta tips pola hidup bersih dan sehat yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Menggunakan toilet untuk buang air besar maupun kecil dan selalu menjaga kebersihannya. Menggunakan air yang bersih. 

Mengonsumsi makanan sehat dan bersih, termasuk sayur dan buah-buahan, banyak yang mengatakan bahwa tinggal di rumah selama pandemi covid-19 adalah momen baik bagi tubuh untuk memperoleh gizi seimbang. 

Atur menu makanan kita dan keluarga agar tetap memenuhi unsur-unsur zat gizi yang lengkap dalam jumlah yang sesuai, sehingga tidak lebih dan tidak kurang. 

Menjaga kebersihan diri dengan cara mandi, memotong kuku yang panjang, dan menyikat gigi 2 kali sehari. Lakukan olahraga secara rutin. Membuang sampah pada tempatnya. Menghentikan kebiasaan merokok. Menghindari dan tidak mengonsumsi narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya seperti (NAPZA).

Berbagai cara serta tips pola hidup bersih dan sehat sudah dilakukan untuk membuat hari-hari selama di rumah akibat pandemi covid-19 ini tetap produktif. 

Mulai beradaptasi bekerja seperti biasa, belajar secara rutin, serta melakukan aktivitas lainnya. Satu hal penting, semua aktivitas yang dilakukan hendaknya bisa membawa kondisi fisik dan mental kita tetap terjaga baik, dan tidak mengalami gangguan kesehatan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan