Mohon tunggu...
HMI SunanAmpel
HMI SunanAmpel Mohon Tunggu... Mahasiswa - Anggota HMI Komisariat Sunan Ampel

Yakinkan dengan iman, usahakan dengan ilmu, sampaikan dengan amal

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Sebenanya Kita Sekolah Buat Apa Sih?

7 September 2022   06:43 Diperbarui: 7 September 2022   06:58 115 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
prismaprofesional.com

Pernah nggak sih mikirin kenapa kita belajar kayak gitu disekolah...?, apa faedahnya buat hidup ku yang sekarang..?. Inget nggak perang di ponegoro itu terjadinya pas habis magrib, 1825-1830. 

Coba deh pikirin pelajaran seperti itu ada faedahnya tidak di hidupmu..?. pernah nggak sih kamu waktu interview mau ikut organisasi, di tanya "dek, perang diponegoro itu kapan terjadinya ya?" nggak pernah kan, atau pas lagi ketemu calon mertua, atau ketika kamu ketemu sama orang baru.

 Coba kita kembali ke filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, saya akan membahas pemikiran beliau yang lebih inti yang jarang di ajarkan disekolah, yang pertama dan paling mendasar yaitu tujuan pendidikan. {1.} Tujuan pendidikan...?, tujuan pendidikan tuh apa sih, bikin pinter?, bikin dapat nilai bagus?, atau dapat ijazah biar bisa kerja?, nah bukan. 

Menurut Ki Hajar Dewantara tujuan pendidikan adalah Memerdekakan Manusia, dan jika ditanya apa sih manusia merdeka itu?, terdapat dua point selamat raganya dan bahagia jiwanya [Selamat dan Bahagia]. 

Sebenarnya jika dipikir-pikir itukan yang kita cari di kehidupan, kita tuh Cuma pengen selamat dan bahagia, kalau orang bilang tujuan aku hidup akhirat lah, dan kamu berharap apa di akhirat kalau bukan berharap kamu selamat dari neraka dan bahagia di surga, ya kan. 

Padahal menurut Ki Hajar Dewantara, Pendidikan harusnya memerdekakan manusia, menghasilkan manusia yang selamat dan bahagia, apakah mengetahui sejarah perang di ponegoro akan ngebantu kamu untuk selamat dan bahagia, apakah tau cara menggunakan rumus integral trigonometri bisa ngebantu kamu untuk selamat dan bahagia. 

{2.} Ki Hajar, percaya bahwa pendidikan punya tiga peran penting. [Memajukan dan menjaga diri, memelihara dan menjaga bangsa, memelihara dan menjaga dunia], ini semua di sebut dengan Filosofi Tri Rahayu, semua itu terhubung dan semuanya berkontribusi pada kepentingan yang lebih besar, everithing is conecting. 

Contohnya nih semisal kamu berhasil menjadi orang yang merdeka orang-orang yang bahagia, kira-kira lingkungan sekitar kalian keluarga, pertemanan, atau orang-orang sekitar kalian bakalan lebih baik nggak hidupnya, jadi lebih baikkan. 

Semisal lagi nih, di sebuah desa keluarga-keluarganya bahagia, orang-orangnya baik, daerahnya jadi maju gak, klw di sebuah negara daerah-daerahnya maju, negaranya jadi maju gak, kalau daerahnya maju yang ngerasain efeknya siapa? 

Ya semuanya, dunia merasakan rakyatnya juga merasakan, semua itu terhubung dan itu di mulai dari kita sendiri. Memerdekan satu orang adalah langkah awal memerdekakan satu keluarga, memerdekakan keluarga adalah langkah awal untuk memerdekakan daerah, dan memerdekakan daerah adalah langkah awal untuk memerdekakan bangsa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan