Mohon tunggu...
Hari Listrik Nasional PLN
Hari Listrik Nasional PLN Mohon Tunggu...

Akun resmi yang menayangkan hasil artikel pegawai PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero dalam kegiatan blog competition "Kerja Nyata Terangi Negeri". Email: hln71@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kerja Nyata Bersama Team P2TL Regional SNT

10 Oktober 2016   15:00 Diperbarui: 10 Oktober 2016   15:17 377 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kerja Nyata Bersama Team P2TL Regional SNT
kami tiba dari segala penjuru Regional SNT | dokpri

17 Agustus 2016, disaatseantero Negeri marayakan Ulang Tahun Republik Indonesia yang tercinta ke – 71,kami, anggota team yang tergabung dalam team P2TL Regional Sulawesi NusaTenggara (SNT) selepas upacara Pengibaran Bendera di Unit masing-masing, darisegala penjuru Regional SNT kami datang untuk bersatu di Wilayah Sulselrabar,tepatnya di Kota Daeng, Kota Makassar.


Dipertemukan kembali dalam Kerja Team P2TL Regional SNTmerupakan salah satu kebahagian dan kebanggaan tersendiri karena memberikonstribusi yang berarti buat perusahaan dan merupakan wujud dari Kerja NyataTerangi Negeri. Tujuan utama dari P2TL itu sendiri adalah untuk menghindaribahaya listrik bagi masyarakat, meningkatkan mutu pelayanan dan menekanterjadinya losses atau energy yang tidak terukur. Ini adalah Silent Operation yang ke – 2 tahun 2016 setelahpelaksanaan sebelumnya di Wilayah Suluttenggo.

Perkenalkan, Ketua Team Kami, Beliau bernama Bapak Kuswantono.Beliau adalah Manajer Area Flores Bagian Barat dan kawan yang selalumendampingi beliau adalah bapak Faisol yang waktu itu baru bisa bergabungdengan team pada hari minggu. Tiru lah dia, belajar lah darinya, bahkan ketikadia punya tanggungjawab besar yang dipundakkan padanya, dia tetap dengansepenuh hati ingin membantu Wilayah/Area lain. Kemampuannya melihat potensiyang ada pada Anggota team, membuatnya mampu mendriver sebuah “Dream Team” yangberdirinya tidak seperti legenda candi Prambanan, tidak dalam waktu semalam.Ada Suka, ada duka, ada resah, ada senyum, ada kecewa, ada puas, dan ada jatahtidur yang hilang. Tapi, semua impas, ketika pencapaian Team selalu melampauitarget yang ditentukan.

Selain itu, pergerakan Team P2TL SNT tidak lepas dari dukungan Direktorat SNT itu sendiri dan tentunya full support dari Manajemen Wilayahterkait. Lihatlah Bapak Tjatur Endiek & Bapak Mukhtar, Duo Manajer Senior(MS) ini selalu ada mendukung Team P2TL SNT. Sejujurnya saya pribadi merasasangat mendapat perhatian dari Manajemen, inilah indahnya bergabung dengan TeamSNT. Dan kali ini, ikut juga bergabung personil dari Distibusi Jawa Timur,mereka adalah Bapak Suwarno dan Bapak Abraham. Kepedulian mereka yangmemudahkan langkanya untuk bergabung dengan kami, kerendahan hati mereka yangmembuat kami mampu menerima sharing ilmu dari mereka, dan humorisnya membuatkami nyaman disamping mereka. Itulah Dou Disjatim, tidak menggurui tapi mendidik.

full support dari GM Wil. Sulselrabar, Bapak Wasito Adi | dokpri
full support dari GM Wil. Sulselrabar, Bapak Wasito Adi | dokpri
Saya akan bercerita sedikit tentang malam pertama dari sepuluh malam di Sulselrabar. Malam itu hampir semua team berkumpul di ruang Analisa Evaluasi (Anev) Posko P2TL Room Amaris 1. Disana, di motori oleh Duo disjatim,kami diajarkan membaca Grafik Arus dan Grafik Tegangan dari Load Profilepelanggan, diajari menganalisa pemakaian pelanggan secara keseluruhan.Kemudian, setelah sesi sharing knowledge oleh duodis jatim, tiba lah saatnya untuk men-fix-kan Target Operasi (TO)untuk hari pertama, Kamis 19 Agustus 2016. Semua berjalan lancar, karena kamiditemani oleh Duo MS sampai agak larut. Sedangkan kami bertiga, Saya, Kak Ika,dan Pak Kus baru meninggalkan Ruang Anev Pukul 2.45 AM.

Kurang tidur bukanlah alasan untuk berleha-leha di pagi hari, paginya pukul 07.00 teman-teman sudah berkumpul untuk sarapan kemudian kami bersama –sama menuju kantor PLN Wilayah Sulselrabar, disana, dengan hangat kami disambutdi ruangan Aula Lt. 06 dan ada satu hal yang sangat saya sukai dari pertemuanini, adalah dengan hadirnya Bapak Mursalin, Kepala Divisi Operasi Reg. SNT.Pagi ini, wajah beliau begitu ceria, dan seperti biasa, beliau selalumenyempatkan diri untuk bercengkrama dan menyambut tangan para hadirin diruangan Aula. Penyambutan yang hangat dan penyampaian yang baik oleh para MS,penyerahan target operasi, kemudian acara secara resmi di buka oleh BapakMursalin, menandakan, Countdown distart, target di kunci, sejauh apakah kami akan berlari dalam batas waktu tersebut, dan apakah kami mampu melampaui batasan kami?

Hari demi hari berlalu, setiap malam, setiap temuan kami Anev bersama Manajemen Wilayah Sulselrabar yang sangat kooperatif dan interaktif,setiap masalah dibahas sampai clear,tidak peduli jarum jam merangkak melalui kuadran demi kuadran, yah.. kamilelah, kami mengantuk, tapi makin malam pembahasan malah semakin seru, otakberputar kesana kemari memaksa mata tetap harus mawas. Wajah lelah kawan –kawan yang mengeksekusi pelanggan disiang hari jelas terlihat di raut mukamereka, tapi mereka tetap saja tidak menyerah, kepedulian mereka terhadap revenue perusahaan selalu menjadi bahan bakaruntuk mengobarkan semangat tersebut. Itulah mereka para pejuang susut, parakaryawan yang punya loyalitas tinggi terhadap perusahaan, mereka bekerja nyata,berkarya cerdas dan beritegritas tinggi demi melihat negeri ini terangbenderang . Bersama sama dalam ruangan tersebut, seperti anak TK yang baru taucara mengupas Apel, selalu ada perasaan puas meninggalkan Ruang Anev.

Minggu malam seluruh team bersama sama mendalami Target Operasi | Sumber
Minggu malam seluruh team bersama sama mendalami Target Operasi | Sumber
Bahkan, untuk menuntaskan rasa penasaran, Ketua kami, bapak Kuswantono didukung oleh manajemen Wil. Sulselrabar, memberangkatkan satu tim khusus yang terdiri dari campuran team NTT, NTB, dan Suluttenggo untuk menyapa Area Kendari dengan TO yang bahkan personal team tidak tau. Ketika merekamelaporkan sudah mendarat di Kota Kendari, baru lah TO tersebut kami kirim viaWhatsapp. Kami di posko tidak pernah tau, apakah kawan – kawan yang diutus ke Kendari sempat beristirahat atau tidak, tapi kami rasa, setibanya mereka diKota Kendari, yang terpikirkan oleh team bukanlah wisata bahari atau kuliner,tetapi apakah APP Pelanggan tersebut normal atau tidak.

Penyerahan Berita Acara P2TL ke MA Makassar Utara | dokpri
Penyerahan Berita Acara P2TL ke MA Makassar Utara | dokpri
H – 1 penutupan, pencapaian kami merangkak di angka 9 jt kWh,kemudian pada kamis, 24 Agustus, team bergerak memeriksa pemakaian PenyediaTenaga Listrik Non PLN, yaitu para pengusaha Mesin Sewa dan seperti biasa,terkadang ada saja temuan yang mencenangkan, dimana kita lalai, denganmonitoring yang lemah, kita membiarkan beberapa pengusaha Mesin sewa yang nakalmenggunakan listrik dari kita tanpa kita pernah tagihkan. Disinilah batin kita harusnya gelisah, seharusnya kita selalu mawas, tidak mencurigai tetapimengawasi, dimana disetiap lini harus ada bisnis proses yang fair, baik dari PLN ke Pelanggan atau pun dari IPP/Sewa ke PLN.

Jumat pagi, dengan agenda knowledge sharing dan gelarperkara, disaat semua orang mulai memasuki ruangan aula lt. 6 kembali,menikmati snack dan bercengrama, dibelakang sana, satuteam telah diutus untuk memeriksa pelanggan lagi, mereka adalah team Sulselrabar, mereka mendatangi pelanggan, memotret fakta yang ada dipelanggandan kemudian kembali melaporkan hasilnya. Pada hari jumat tersebut, hasil yangdidapatkan benar – benar fantastis, tidak disangka, angka temuan kami mencapai10 jt kWh. Pencapaian yang sangat outstanding, rasa lelah selama 10 hariterbayarkan talak dengan pencapaian yang luar biasa tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN