Mohon tunggu...
Hizkia Nandana Umbu Kawuji
Hizkia Nandana Umbu Kawuji Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Mempelajari hal hal yang baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Jurnalisme Robot Beritagar.id: Apakah Seperti Pisau Bermata Dua?

8 Oktober 2022   02:00 Diperbarui: 10 Oktober 2022   01:23 159 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://beritagar.id/artikel/telatah/kenapa-jurnalis-kita-menulis-berita-secara-buruk

"Di era saat ini, dunia jurnalisme semakin berkembang dan tidak akan terlepas dari efek globalisasi yang begitu deras. Sehingga kehadiran teknologi juga memiliki pengaruh yang cukup besar dalam dunia jurnalisme salah satunya yakni jurnalisme robot yang sudah diterapkan oleh Beritagar.id"

Dunia dan aktivitas komunikasi sudah diibaratkan sebagai kakak beradik yang berkesinambungan sehingga mustahil untuk terpisahkan. Berdasarkan fakta tersebutlah, banyak upaya yang dilakukan yakni salah satunya dengan adanya jurnalisme. Keberadaan jurnalisme dalam aktivitas komunikasi dunia sangatlah berdampak bagi manusia.

Seiring berkembangnya dunia jurnalisme, teknologi juga mengambil bagian dalam upaya meningkatkan performa dari jurnalisme itu sendiri yang kemudian jurnalisme dibagi menjadi dua jenis yakni jurnalisme multimedia dan jurnalisme online yang kemudian, tergabung dalam satu rumpun yakni jurnalisme modern. Tentunya, keberadaan jurnalisme modern sangat bergantung pada keberadaan teknologi saat ini yang dimana bertujuan untuk meringankan pekerjaan jurnalisme.

Sehingga menyikapi hal tersebutlah, jurnalisme robot hadir di Indonesia tepatnya model jurnalisme tersebut diterapkan oleh Beritagar.id. Penerapan hal tersebut semata-mata untuk meminimalisir proses pembuatan serta proses publikasi sebuah berita. Di sisi lain, model jurnalisme tersebut justru menjadi sebuah ancaman bagi para pelaku jurnalis di Indonesia.

https://dailysocial.id/post/beritagar-id-merawat-indonesia/
https://dailysocial.id/post/beritagar-id-merawat-indonesia/

Apa itu "Beritagar.id"?

Beritagar.id merupakan media online yang berasal dari gabungan dua situs kurasi publik yakni Lintas.me (2011) dan Beritagar.com (2012). Media online ini lahir di tahun 2015 dibawah naungan PT Lintas Cipta Media (LCM) yang merupakan anak perusahaan Global Digital Prima (GDP) Venture.

Dikarenakan intensitas pemberitaan yang dilakukan media ini cukup padat yakni 24 jam sehari, Beritagar.id tentu membutuhkan teknologi berbasis komputer dalam mengumpulkan serta menganalisis berbagai data yang telah ditemukan sehingga hal tersebutlah yang menjadikan Beritagar.id sangat menekankan penggunaan ilmu komputerisasi. Beritagar.id dikembangkan oleh Rekanalar yang digagas oleh ilmuwan komputer ternama yakni Jim Geovedi yang mengusung penggunaan teknologi berbasis Machine Learning (ML) dan Natural Language Processing (NLP).

Dikarenakan sistem pengelolaan tersebut, Beritagar.id senantiasa melakukan proses agregasi yang kemudian mendasari media online tersebut untuk menyajikan laporan atau konten berbasis data berdasarkan sumber-sumber yang sudah teruji kredibilitasnya. Untuk menyikapi hal tersebut, Beritagar.id menggunakan bantuan teknologi kecerdasan buatan dan komputasi linguistik. Dengan ilmu komputer yang hanya berfokus pada pengenalan sebuah pola dan pembelajaran oleh kecerdasan buatan, Beritagar.id mencetus penggunaan jurnalisme robot di Indonesia.

https://www.kompasiana.com/girilu/5c5f071eaeebe10562442f13/jurnalisme-4-0-jurnalis-manusia-vs-jurnalis-robot
https://www.kompasiana.com/girilu/5c5f071eaeebe10562442f13/jurnalisme-4-0-jurnalis-manusia-vs-jurnalis-robot

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan