Mohon tunggu...
Hobi

PROSES Bukan Sekedar HASIL

5 Desember 2018   20:46 Diperbarui: 5 Desember 2018   21:04 153 1 0 Mohon Tunggu...

               Di dunia ini semuanya tidak ada yang praktis, kecuali mie instan. Mie instan hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan hasilnya enak. Tetapi, apakah hasil tersebut baik untuk kita? Sama sekali tidak, hasil enak tersebut hanya bersifat sementara. Itulah gambaran kita semua bahwa kita hanya ingin yang praktis tanpa memikirkan efek dalam jangka panjang. Karena pada intinya, bukan seberapa banyak yang kita tahu, melainkan berapa banyak yang kita telah lakukan.

               Sama halnya dengan bermain musik, ketika kita ingin terus berusaha dan terus mencoba hasilnya pasti tidak akan mengecewakan. Saat kita sedang jatuh cinta, tentu kita melakukan sebuah pengorbanan untuk melakukan apapun. Nah, prinsip inilah yang harus kita terapkan dalam bermain musik. Kita boleh berguru dengan siapapun untuk mencari ilmu tetapi yang harus kita ingat adalah kita hebat bukan karena faktor guru yang hebat. Kita hebat karena kita ada kemauan keras dan yakin kepada diri kita sendiri bahwa kita bisa.

               Banyak yang menunjukan hasil bagus tetapi terbukti kalau prosesnya jelek. Karena dari kita ingin sekali selalu terburu - buru untuk membuktikan sejatinya. Bermain musik bukan menunjukkan kesombongan. Bermain musik itu berarti mengekspresikan daya kreasi, emosi dan imajinasi.

               Ingat perubahan yang besar di awali dari tindakan yang sederhana. Mengapa sederhana? Karena perubahan itu datang dari dalam diri sendiri. Sekeras apa pun faktor dari luar, jika tidak ada keinginan yang kuat dari dalam diri, perubahan itu tidak pernah terjadi. Perubahan disini yang dimaksud yaitu proses. Jika proses kita berjalan dengan baik, maka setiap kita membuktikan bahwa kreativitas kita sedang bertambah. Kreativitas inilah yang dibutuhkan setiap dari kita untuk berkarya dalam bermain musik. Hasil sesungguhnya yaitu musik membuktikan seberapa jauh kita mengeksplorasi permainan kita.

VIDEO PILIHAN