Mohon tunggu...
Hira Khoirunnisa Azzahra
Hira Khoirunnisa Azzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang

Muslimah Mujahidah Until Jannahđź’® Kabupaten Semarang, 29 Juli 2002

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

NO.2 BISA SAMBIL REBAHAN !!, INI 5 JURUS AMPUH TETAP PRODUKTIF DAN STAY HEALTHY SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN MENERAPKAN NILAI-NILAI PANCASILA

30 Oktober 2020   23:47 Diperbarui: 31 Oktober 2020   07:45 41 0 0 Mohon Tunggu...

SEMARANG-Sejak beberapa bulan terakhir, pandemi covid-19 melanda Indonesia dengan menginfeksi lebih dari 320.000 jiwa penduduk. Covid-19 dapat menular dan menyebar melalui berbagai macam cara dan perantara, misalkan melalui kontak manusia dengan barang atau benda, interaksi manusia dengan manusia, bahkan dapat tertular melalui droplet virus yang bertebaran di udara.

Pemerintah dan Satgas Gugus Tugas sudah melakukan berbagai macam upaya sebagai bentuk pencegah dan penanggulangan wabah penyakit covid-19 di Indonesia ini, yaitu dengan memberlakukan physical distancing atau jaga jarak, wajib memakai masker apabila keluar rumah, rajin mencuci tangan pakai sabun dan handsanitizer, dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri dan lingkungan.

Seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden RI, Jokowi dalam pidatonya bahwa, “Keberhasilan pencegahan virus corona atau covid-19 lewat physical distancing atau menjaga jarak akan sangat tergantung dengan tingkat kedisiplinan masyarakat”, Joko Widodo.

Akhirnya semua lapisan masyarakat wajib melakukan stay at home atau wajib stay dirumah saja. Ini tentu saja menimbulkan masalah baru, terutama bagi masyarakat yang tingkat ekonominya rendah dan menengah kebawah. Banyak perusahaan dan pabrik yang melakukan PHK terhadap pekerjanya sehingga bertambah banyaknya jumlah pengangguran di Indonesia.

Tidak hanya itu, bagi mereka yang terbiasa aktif melakukan pekerjaan dan kegiatan diluar rumah pun pasti harus beradaptasi terhadap segala aktivitas yang kini harus dikerjakan dengan tetap dirumah saja. Nah bagi anda yang mungkin merasa jenuh dan ingin tetap produktif walau hanya dirumah saja selama masa pandemi ini berikut ada beberapa tips yang dapat dilakukan:


1. Rajin Beribadah

Sebagai hamba yang bertakwa dan menjunjung tinggi nilai ketuhanan yang maha esa, tentu saat kewajiban tetap dirumah saja maka kita memiliki waktu lebih banyak untuk rajin beribadah. Kita sebagai manusia biasa harus meyakini bahwa Tuhan pasti memiliki skenario terbaik dan hikmah besar dari setiap musibah yang menimpa kita. Apapun yang sudah menjadi kehendak Tuhan, kita wajib selalu berprasangka baik kepada-Nya dan senantiasa mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa.

2. Berbisnis Online

Ini sangat menjadi pilihan alternatif masyarakat yang ingin tetap produktif dirumah dan dapat tetap mendapatkan penghasilan. Seperti yang telah dikemukakan diatas bahwa pandemi menyebabkan menurunnya tingkat perekonomian sehingga dibutuhkan sekali kegiatan yang tetap dapat menghasilkan uang tetapi hanya dilakukan dirumah saja. Sebagai pengamalan nilai pancasila sila kedua yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab maka tentulah kita harus dapat berbisnis secara baik dan benar dan tidak menjual produk yang berkualitas buruk atau produk haram/terlarang tentunya. Kita harus tetap memperhatikan norma dan etika dalam berdagang. Misalnya kita dapat berbisnis dengan menjual produk yang kekinian seperti produk makanan boba drink, seblak hitz, es dalgona coffe, produk barang seperti outerwear, kardigan, foto polaroid, jaket hoodie, dan sebagainya, namun pemasarannya via online sehingga dapat menjangkau konsumen lebih luas, stay healthy dan tetap produktif walau dirumah tentunya.

3. Kerja Bakti Membersihkan Rumah

Dengan adanya peraturan untuk tetap dirumah saja maka menjadi peluang untuk dapat rajin bersih-bersih rumah. Misalnya dengan dapat dilakukan pembagian tugas didalam anggota keluarga yaitu ayah memotong rumput dan mencuci kendaraan, ibu menyirami tanaman dan mengelap jendela, kakak menyapu dan mengepel lantai, dan adik merapikan pakaian dan buku-buku. Kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kerukunan dan keharmonisan antar anggota keluarga dalam momen berquality time dengan menjunjung sila ketiga pancasila yaitu persatuan Indonesia.

4. Melakukan Work From Home dan Pembelajaran Daring

Untuk mengamalkan nilai pancasila sila keempat yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, wajib kiranya sebagai seorang pekerja/karyawan kantoran, guru, siswa, dan mahasiswa tetap melaksanakan segala kegiatan meeting secara daring atau online. Dengan kegiatan pembelajaran online dan work from home ini maka kita tetap dapat berdiskusi, menyampaikan pendapat, rapat, dan belajar walau harus tetap dirumah saja melalui aplikasi teleconference. Maka dengan demikian sistem pendidikan di Indonesia tidak terhambat pelaksanaannya dan dengan tetap dirumah saja harapannya dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19.

5. Bercocok Tanam

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x