Mohon tunggu...
himmahtul ngaliyah
himmahtul ngaliyah Mohon Tunggu... mahasiswa universitas alma ata

ig : himmalegi_

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perspektif Islam Diberlakukannya Strategi Manajemen

8 April 2021   16:20 Diperbarui: 8 April 2021   16:30 26 1 0 Mohon Tunggu...

Manajemen strategi adalah salah satu proses perusahaan untuk mencapai tujuan, yang meliputi pengimplementasian, perumusan serta evaluasi keputusan mana yang akan diambil.  Menurut J. David Hunger, pengertian manajemen strategi adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja sebuah perusahaan dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan menurut Menurut Mulyadi (2001), pengertian manajemen strategi adalah sebuah proses yang dilakukan oleh manajer dan pegawai untuk merumuskan dan melaksanakan strategi dalam penyediaan customer value terbaik untuk mewujudkan visi organisasi.

Manajemen strategi adalah bagian perusahaan yang tidak dapat dielakkan, dimana suatu perusahaan tidak akan berjalan dan bersaing tanpa adanya manajemen strategi. Perusahaan sangat perlu merancang strategi-strategi yang sekiranya worth it untuk dilakukan. Strategi yang harus diterapkan dalam perusahaan harus dijamah, agar pengimplementasiannya tidak membawa kerugian. Inilah mengapa diperlukan beberapa proses tahapan untuk pengambilan keputusan dalam manajemen strategi.

Ibarat ingin menggapai cita-cita individual, segala proses harus sinkron dengan hasil yang ingin dicapai. Seseorang yang bercita-cita menjadi dokter tidak akan melalui sekolah kejurusan bisnis, untuk mencapai cita-citanya maka ia harus sekolah dijurusan kedokteran.

Mayoritas warga Indonesia adalah pemeluk agama islam, maka darisini mungkin perlu pengaruh pentingnya manajemen startegi didalam dunia perbisnisan. Perlu adanya strategi dalam prepektif islam paradigma pembangunan sumber daya manusia dalam berbisnis harus lebih terang. Didalam AL-Quran At-Taubah ayat 105 :

"Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan."

Ini berupa clickbait bahwasaannya Allah pasti membalas apa saja yang dilakukan umat manusia . Baik itu kerusakan yang diperbuat tangan manusia di alam  maupun didalam prestasi kerja yang ia kerjakan yakni memproduksi sebuah produk yang berguna. Prestasi ini bisa ditandai dengan pemilihan strategi manajemen yang baik, berdampak pada pencapaian tujuan yang maksimal.

  Kita di fase ini bermaqom (kedudukan manusia di sisi allah ) iktisab  yakni bagaimana mendapatkan sesuatu dengan usaha. Manajemen strategi membumbungkan untuk terus bergerak menyaingi perusahaan lain, mengikuti perkembangan zaman. Dan turut aktif ada dipermukaan.

VIDEO PILIHAN