Mohon tunggu...
Himatus Suroya
Himatus Suroya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Geophysics

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKM-DR UIN Malang: Sosialisasi Mitigasi Bencana dan Simulasi Gempa Bumi

29 Januari 2022   20:16 Diperbarui: 29 Januari 2022   20:22 208 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KKM -- DR UIN MALANG (UIN MALIKI ) atau dikenal dengan Kuliah Kerja Mengabdi -- Dari Rumah dilaksanakan selama satu bulan yaitu mulai tanggal 27 Desember 2021 -- 27 Januari 2022.

Adanya Kegiatan KKM-DR ini, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Malang berharap mahasiswa/i dapat mengimplementasikan dan mengabdi kepada masyarakat.

Kegiatan KKM-DR dilakasanakan di Dusun Lebo Desa Madiredo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Pemilihan daerah ini dikarenakan selain merupakan daerah recomendasi dari kampus daerah dusun lebo juga memiliki hawa yang sangat sejuk dan memiliki bentang alam yang indah. Dusun Lebo merupakan daerah tinggi atau kelerengan sehingga memiliki suhu dingin.

Pada daerah yang tinggi, resiko terjadinya longsor relative besar karena berada didaerah lereng, namun hal ini dapat diminimalisir dengan beberapa hal, dengan melihat dan menganalisa hal tersebut sosialisasi mitigasi bencana alam sangat diperlukan agar kejadian yang tidak diinginkan bisa dihindari.

Mitigasi bencana merupakan langkah yang sangat perlu dilakukan sebagai suatu titik tolak utama dari manajemen bencana. Tujuan utamanya yaitu mengurangi atau meniadakan korban dan kerugian yang mungkin timbul saat terjadi bencana, oleh karena itu perlu dilakukan mitigasi bencana  kepada masyarakat baik itu bencana natural disaster atau  bencana man-made disaster.

Pada 13 Januari 2022, sekelompok KKM-DR yang berada di Dusun Lebo melaksanakan sosialisasi mitigasi bencana yang diikuti oleh sswa/i kelas 4 dan 5 MI Raden Patah.

Sosialisasi Mitigasi Bencana, dokpri
Sosialisasi Mitigasi Bencana, dokpri

Simulasi Gempa Bumi, dokpri
Simulasi Gempa Bumi, dokpri

Mitigasi Bencana alam berupa mitigasi natural disaster seperti mitigasi gunung Meletus, mitigasi Gempa Bumi dan Mitigasi Tanah Longsor. Selain sosialisasi dalam bentuk materi, untuk mendapatkan output pemahaman dari siswa/i, kelompok KKM-DR Dusun Lebo juga menggunakan media Poster Hias agar siswa/i dapat berfikir kreatif dari hasil pemahaman yang didapat serta praktek simulasi gempa bumi agar siswa/i dapat aktif dan senang dalam mengikuti sosialisasi mitigasi bencana alam yang dilakukan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan