Mohon tunggu...
Kasmir Khan
Kasmir Khan Mohon Tunggu... Freelancer - Editor

Saya adalah seorang blogger beberapa blog saya HealLife | https://www.heallife.my.id

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Tips dan Trik Mengeluarkan Zakat Fitrah dengan Mudah dan Tepat Waktu

17 April 2023   03:39 Diperbarui: 17 April 2023   05:23 1045
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hayo, siapa yang sudah siap untuk lebaran? Tidak hanya bersiap-siap dengan baju baru dan menu lezat, namun juga dengan zakat fitrah yang harus dibayar sebagai bagian dari syarat sahnya ibadah puasa. Bagi kamu yang masih bingung tentang zakat fitrah, yuk simak artikel ini sampai habis!

Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang sudah mencapai umur baligh dan mampu. Zakat ini harus dibayar pada bulan Ramadan sebelum salat Idul Fitri dilaksanakan. Zakat fitrah memiliki tujuan untuk membersihkan diri dan harta dari dosa-dosa kecil selama berpuasa, serta untuk membantu kaum fakir miskin yang membutuhkan.

Seberapa banyak zakat fitrah yang harus dikeluarkan? Menurut ulama, zakat fitrah saat ini adalah sebesar satu sha' atau sekitar 2,5 kilogram beras atau makanan pokok lainnya yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat setempat. Bagi mereka yang tidak mampu memberikan makanan, dapat mengeluarkan zakat fitrah berupa uang yang setara dengan harga makanan yang ditentukan.

Bagaimana cara mengeluarkan zakat fitrah? 

Kamu dapat mengeluarkan zakat fitrah melalui lembaga-lembaga zakat atau mengirimkan langsung ke pihak yang berhak menerima zakat, seperti fakir miskin atau lembaga sosial. Pastikan untuk memberikan zakat fitrah sebelum waktu salat Idul Fitri dilaksanakan, agar ibadah puasamu menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT.

Selain menjadi kewajiban, membayar zakat fitrah juga dapat membantu meningkatkan rasa kepedulian dan kebersamaan dengan sesama. Dengan membantu kaum fakir miskin, kita dapat merasakan kebahagiaan yang sama saat merayakan Idul Fitri. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk membayar zakat fitrah ya!

Nah, itu tadi sedikit pembahasan tentang zakat fitrah. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk lebih memahami tentang zakat fitrah dan mempersiapkan diri untuk lebaran dengan lebih baik lagi.

Namun, terkadang kita masih merasa bingung tentang hal-hal yang berkaitan dengan zakat fitrah. Misalnya, apa saja bahan makanan yang bisa dijadikan zakat fitrah? Atau bagaimana cara menentukan harga bahan makanan untuk menghitung zakat fitrah dalam bentuk uang?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya kita mengacu pada ketetapan yang telah disepakati oleh para ulama. Sebagai contoh, untuk daerah Indonesia, bahan makanan yang bisa dijadikan zakat fitrah antara lain beras, jagung, gandum, tepung terigu, atau makanan pokok lainnya yang lazim dikonsumsi oleh masyarakat setempat.

Sedangkan untuk menentukan harga bahan makanan dalam bentuk uang, kamu bisa mencari informasi tentang harga bahan makanan tersebut di pasar terdekat atau menanyakan kepada pedagang bahan makanan. Setelah itu, kamu dapat menghitung jumlah uang yang setara dengan harga bahan makanan yang akan dikeluarkan sebagai zakat fitrah.

Selain itu, ada juga beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mempermudah proses mengeluarkan zakat fitrah. Pertama, sebaiknya kamu sudah menyiapkan zakat fitrah sejak awal Ramadan. Hal ini bertujuan agar kamu tidak terburu-buru dan bisa memastikan bahwa zakat fitrah yang dikeluarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun