Mohon tunggu...
Hilmi DzakiMuhammad
Hilmi DzakiMuhammad Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Strata 1 di Universitas Airlangga

Saya merupakan seorang mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan di Universitas Airlangga, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dalam kesehariannya, saya sangat menyukuai hal-hal yang berkaitan dengan bidang Ekonomi, Bisnis, Industri kreatif, dan hal-hal terkait digitalisasi. Di kampus juga saya aktif di berbagai kegiatan mahasiswa baik organisasi maupun kegiatan sosial. Saya tertarik untuk membagikan sudut pandang saya dan riset tentang berbagai hal yang saya minati.

Selanjutnya

Tutup

Balap

Bisakah Formula One Hadir di Bumi Pertiwi?

6 Juli 2022   18:08 Diperbarui: 6 Juli 2022   18:14 48 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Balap. Sumber ilustrasi: PEXELS/Pedro Sandrini

Tahun ini Indonesia mendapat kesempatan menjadi tuan rumah berbagai perhelatan olahraga adu kecepatan. Pertama dimulai dari World Superbike (WSBK)  yang diselenggarakan di Sirkuit Internasional Mandalika pada bulan November tahun 2021 kemarin, kemudian dilanjutkan oleh perhelatan balap motor paling bergengsi sedunia yaitu MotoGP yang diselenggarakan pada bulan Maret Tahun 2022 dan yang terbaru pada tahun ini yaitu perhelatan adu kecepatan mobil listrik, Formula E. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia sudah berani membawakan olahraga-olahraga ketangkasan adu kecepatan setaraf Internasional. Dapat dilihat juga dari perhelatan WSBK kemarin, yang mana sirkuit Mandalika menjadi sirkuit terakhir dari rangkaian WSBK sebelum akhirnya menentukan juara dunia di Tahun 2021. Sungguh hal yang diluar dugaan, Indonesia dapat menyelenggarakan event-event internasional yang cukup merogoh kocek investasi tersebut. Namun dibalik itu semua, bukan hal yang mengherankan lagi Indonesia bisa menyelenggarakan event-event besar tersebut dikarenakan olahraga adu kecepatan dan balapan merupakan salah satu olahraga yang digemari oleh mayoritas penduduk Indonesia dan Pemerintah Indonesia pun sangat mendukung kegiatan-kegiatan tersebut dengan dibuatnya fasilitas-fasilitas yang istimewa. 

Pemerintah Indonesia memikirkan nama besar yang dipikul bangsa Indonesia dalam menyelenggarakan event-event tersebut dan potensi event-event tersebut dalam membangkitkan ekonomi Indonesia setelah adanya pandemi. Namun, dibalik event-event tersebut masih ada satu event lagi yang sangat besar yang belum kesampaian dilakukan di Indonesia.  Event tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Formula 1

Formula 1 adalah adu kecepatan mobil Yang yang paling bsar dan paling bergengsi di seluruh antero dunia sehingga dibandingkan dengan MotoGP yang notabene adalah motor, Formula 1 mempunyai tingkat modal yang paling tinggi untuk diselenggarakan sehingga merogoh kocek investasi yang sangat besar. Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah Mampukah Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara Formula One? 

Pertanyaan tersebut dapat dijawab apabila kita menelisik lebih jauh tentang Formula 1 di Indonesia. Formula One merupakan salah satu olahraga balapan yang sangat bergengsi di kancah internasional dan juga memiliki banyak penggemar di Indonesia. Di Indonesia sendiri olahraga paling populer dalam segi  adu kecepatan yaitu adalah MotoGP kemudian selanjutnya adalah Formula 1. Dengan penggemar yang cukup banyak itu kemungkinan Formula 1 dapat diselenggarakan di Indonesia, tapi apa dampak Formula 1 terhadap peningkatan ekonomi yang ada di Indonesia? 

Berbeda dengan MotoGP Formula One merupakan salah satu ajang kecepatan yang dimana penontonnya merupakan kelas menengah ke atas. Hal itu bisa dilihat dari track yang ada di Italia, Formula 1 diselenggarakan di daerah pesisir pantai dengan penonton yang ada di atas perahu pribadi mereka. Hal itu sangat berbeda dengan Indonesia yang rata-rata penduduknya masih menengah ke bawah. Akan tetapi, bisa saja Formula 1 dibawa ke Indonesia dengan standarisasi dari Formula 1 yang harus dipenuhi oleh Indonesia. 

Harapannya Formula One nantinya bisa diselenggarakan di Indonesia mengingat sudah beberapa pembalap Indonesia yang hadir di dalam ajang perlombaan tersebut dan juga Formula 1 dapat memberikan angin segar bagi para pendukung Formula 1 di tanah air.  Semoga pemerintah Indonesia dapat menghadirkan Formula 1 sebagai salah satu bentuk kemajuan ekonomi di Indonesia dan juga dapat meningkatkan kualitas nama Indonesia di Kancah internasional. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan