Mohon tunggu...
Muhammad Hilman
Muhammad Hilman Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Teknologi Pendidikan sebagai Peningkatan Kinerja Pendidikan Agama Islam

17 September 2020   18:30 Diperbarui: 17 September 2020   18:33 684 0 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Teknologi Pendidikan sebagai Peningkatan Kinerja Pendidikan Agama Islam
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kemajuan teknologi hingga saat ini sangat pesat dari mulai perkembangan teknologi,pnyimpanan dan pengiriman data semkin baik kualitasnya. Baik perindividu, institusi dan lembaga pendidikan maupun pemerintah ikut melakukan berbagai upaya untuk memanfaatkan perkembangan teknologi bahkan semua negara sudah memanfaatkan perkembangan teknologi.

Tidak dapat dipungkiri teknologi memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran demikian pula pada saat melakukan pertukaran data dan informasi antar pendidikan, pendidikan dengan masyarakat dan masyertakan dengan pemerintah daerah dan pusat bahkan sampai antar negara, 

Dalam perkembangan teknologi, penggunaan teknologi juga mmpunyai dampak positif dan negatif, misal dampak positifnya adalah Mempermudah mendapatkan informasi dan komunikasi.

Sedangkan dampak negatifnya adalah adanya oknum-oknum atau perindividu yg menggunakan teknologi untuk memecah hubungan dan mengadu domba antar saudara, teman bahkan negara, seperti halnya membuat status diwhatsaap, twitter dan instagram yg mengandung ajakan untuk memecah dan saling menyalahkan.

  • TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Teknologi adalah istilah yg diambil dari bahasa Yunani "Technologia" yg menurut webster dictionary yg berarti syste-matic treatment atau penanganan sesuatu secara sistematis, bisa juga sebagai  keterampilan dan ilmu.Sedangkan pendidikan berasal dari bahasa education yang dapat diartikan Sebagai  pengembangan, pengajaran, perintah dan pembinaan Kepribadian.

Pendidikan juga bisa menjadi suatu usaha yang sudah terencana utk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dalam mengembangkan potensi dirinya untk memiliki kekuatan spiritual keagamaan dan pengendalian diri serta ketrampilan dalam diri.

Sedangkan teknologi pendidikan adalah suatu proses yang kompleks, meliputi: manusia, ide, peralatan, dan organisasi untk menganalisa masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia. serta merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah. Dalam teknologi pendidikan pemecahan masalah itu terjelma dalam bentuk semua sumber belajar yg didesain dan dipilih atau digunakan untuk keperluan belajar, seperti manusia, peralatan, teknik.

  • TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI PENINGKATAN KINERJA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Peningkatan pendidikan agama Islam dalam menghadapi arus Perkembangan IPTEK yang sangat pesat. Bagaimana pun pendidikan islam terutama (lembaga pendidikannya) dituntut untuk mampu mengadantasikan dengan kondisi saat ini disamping itu pendidikan agama Islam di tuntut menguasai IPTEK karena itu sangat penting, sebab sekarang pembangunan nasional diarahkan dengan orientasi pada teknologi industri, dalam hal ini tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Menurut prof.dr.bj Habibie ada lima prinsip yang harus diikuti untuk mencapai penguasaan IPTEK, yaitu:

1. Melakukan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang IPTEK yg berhubungan dengan pembangunan bangsa.

2. Mengembangkan konsep masyarakat teknologi dan industri serta melakukan usaha untuk merealisasikan konsep tersebut.

3. Adanya transfer aplikasi dan pengembangan lebih jauh dari teknologi yang diarahkan pada pemecahan masalah2 nyata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan