Mohon tunggu...
hilman aysahharun
hilman aysahharun Mohon Tunggu... bismilah

penulis amatir

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Cara Orangtua Hebat dalam Mendidik Anak di Era Milenial

16 Juni 2021   09:11 Diperbarui: 16 Juni 2021   09:44 15 1 0 Mohon Tunggu...

Di era milenial orang tua dituntut untuk terus mengawasi anak agar anak tidak candu dengan berbagai perkembangan teknologi yang ada. Seorang psikolog mengatakan bahwa orang tua digenerasi milenial dituntut memiliki cara-cara yang berbeda dalam mendidik anak-anaknya sehingga anak belajar dan tidak cenderung tergantung pada hal-hal yang instan. 

Orang tua yang hebat adalah orang tua yang mampu mengubah, dan mendidik anaknya sehingga anak-anaknya tidak candu dengan perkembangan teknologi yang mempermudah mereka sehingga mereka tidak tau apa artinya kerja keras karena anak-anak milenial sekarang terlalu dipermudahkan dengan hal-hal yang insatan. 

Selain hal-hal yang instan anak-anak sekarang lebih senang bermain gadget dari pada berkumpul dengan keluarga, teman sebaya ataupun orang-orang sekitarnya. Banyak anak-anak yang kita temui anak-anak dizaman sekarang lebih tertarik menghabiskan waktunya sendiri dengan bermain gadeget tanpa pengawasan dari orang tua sehingga banyak anak-anak melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya mereka lakukan.

Maka dari itu saya akan membagikan beberapa cara-cara sebaiknya dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak-anak di era milenial   di antaranya: 

Pertama, Lakukanlah pendekatan dengan Anak .Orang tua yang hebat adalah orang tua yang mampu mendekatkan dirinya pada anaknya. Karna anak-anak sekarang sulit untuk didekati, mereka lebih bersifat tertutup. sehingga orang tua harus melakukan pendekatan terlebih dahulu agar orang tua tau bagaimana perkembangan anaknya sekarang apa masalah yang dihadapi dan bagaimana orang tua harus menyikapinya. 

Kedua Berikan pujian positif kepada Anak pada hal-hal yang tepat. Orang tua wajib memberikan pujian yang positif kepada anak agar anak lebih semangat dalam melakukan sesuatu. misalnya ketika anak mendapatkan point tertinggi dikelas, anak mampu menyelesaikan tugasnya. Anak lebih tertarik dengan pujian karena dengan pujian dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Dan mendorong anak untuk selalu bersemangat dalam melakukan segala sesuatu yang di ukung orang tuanya. 

Ketiga Jadilah teladan yang baik bagi anak Anak adalah peniru yang handal. Para orang tua harus mencerminkan sikap poitif bagi diri ank-anaknya.  Anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orang dewasa terutama orang tuanya, jadi sebagai orang tua yang hebat maka terapkan sikap yang baik dan terpuji sehingga yang ditiru anak dari orang tuanya adalah sikap yang terpuji dan positif. 

Keempat Jadilah sahabat bagi anak Orang tua yang hebat adalah orang tua yang mampu menjadikan anaknya sebagai sahabat, karena dengan menjalin persahabatan atau pertemanan dengan anak. Mereka akan lebih terbuka dengan orang tuanya sehingga ketika anak dalam suatu masalah orang tua mampu memberikan solusi yang mampu didengar, selain itu juga tidak ada kecanggungan antara orang tua sehingga anak lebih mudah terbuka tentang semua hal yang ditutupinya kepada orang tuanya. 

Kelima Tanamkan pada diri anak tentang pentingnya sebuah proses.Para orang tua harus  tanamkan pada diri anaknya tentang pentingnya proses dari pada instan sehingga anak belajar berusaha dalam menggapai hal-hal yang diingikannya. Misalnya orang tua membuat target-target pembelajaran yang harus dicapai oleh anak-anaknya sehingga anaknya mampu berusaha dalam menggapai target tersebut. 

Keenam Orang tua harus mengutamakan kebersamaan dalam keluarga .Para orang tua harus mengutamakan kebersamaan di dalam keluarga sehingga tejalin harmonisasi dalam keluarga, agar anak merasakan kehadiran orang tuanya dan terjalin komonikasi yang baik antara orang tua dan anak.

Dari ke enam cara di atas , para orang tua perlu memahami bahwa orang tua mampu meningkatkan motivasi anak  untuk  menggapai sesuatu dengan hal-hal yang kecil dan orang tua yang hebat adalah orang yang mengetahui tentang kehidupannya baik dari segi fisik maupun psikis anak.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x