Mohon tunggu...
Hilma Mega farha
Hilma Mega farha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa STAI Riyadhul Jannah Subang

Belajar tak kunjung habis.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Anak Usia Dini

23 September 2022   19:24 Diperbarui: 23 September 2022   19:51 45 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurut para ahli ada beberapa pendapat tentang perkembangan anak usia dini salah satunya yaitu :

1.perkembangan fisik motorik 

Pertumbuhan fisik pada setiap anak tidak sama ada yang mengalami pertumbuhan secara cepat ada juga yang lambat. Pada masa kanak-kanak pertambahan tinggi dan pertambahan berat badan relatif seimbang. Perkembangan motorik anak terdiri dari 2 hal yaitu ada yang kasar dan ada yang halus. 

Perkembangan motorik kasar seorang anak pada usia 3 tahun adalah melakukan gerakan sederhana seperti berjingkrak, melompat, berlari kesana kemari dan ini menunjukkan kebanggaan dan prestasi. 

Sedangkan usia 4 tahun si anak tetap melakukan gerakan yang sama tetapi sudah berani mengambil resiko  seperti si anak dapat naik tangga dengan satu kaki lalu dapat turun dengan cara yang sama dan memperhatikan waktu pada setiap langkah .lalu pada usia 5 tahun si anak mulai percaya diri dengan mencoba untuk berlomba dengan teman sebayanya atau dengan orang tuanya. 

2.perkembangan kognitif

Dalam artian yang luas kognitif merupakan ranah kejiwaan yang berpusat di otak  dan berhubungan dengan konaksi (kehendak) afeksi (perasaan) . Proses perkembangan kognitif ini dimulai sejak lahir. 

Namun campur tangan sel sel otak dimulai d setelah seorang bayi berusia 5 bulan saat kemampuan sensorik nya mulai berkembang. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan