Mohon tunggu...
Badia Hikmah Safitri
Badia Hikmah Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa

Penyuka warna merah karena merah berarti keberanian:). Berani mengungkapkan rasa dalam tulisan :).

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bakat dan Minat Anak Usia Dini

2 Desember 2020   23:29 Diperbarui: 2 Desember 2020   23:31 37 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bakat dan Minat Anak Usia Dini
dok. pribadi

Seseorang anak bisa menjadi luar biasa jika ia mempuyai bakat, bakat akan di peroleh ketika ia mempunyai minat pada sesuatu hal. Seseorang akan mengakatan bahwa anak akan berbeda dengan anak - anak lainnya ketika ia mempunyai bakat yang menonjol pada dirinya. Bakat akan terlihat pada dirinya ketika ia menunjukkan ciri - ciri khas yang di tampilkan untuk keunggullannya. 

Anak yang berbakat mempunyai potensi yang besar untuk menggapai mimpinya. Namun anak yang berbakat juga mempunyai potensi yang luar biasa untuk menjadi pribadi yang positif dan yang negatif, tergantung kepada penanganan dan pembibimbingan di lingkungannya. Baik di sekolah atau pun dengan keluarganya di rumah.

Lantas apa yang di maksud dengan bakat dan minat ? sebelum kita menggali bakat dan minat anak kita perlu tahu, sebenarnya apa maksud dari bakat dan minat.

Bakat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online adalah mempunyai dasar kepandaian yang di bawa sejak lahir, kemampuan di suatu bidang tertentu. Sedangkan menurut W.B Michael, bakat merupakan suatu potensi yang tidak di pengaruhi dari suatu pengalaman belajar, bakat adalah suatu potensi dalam menguasi suatu bidang tertentu dalam kehidupan.

Minat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online adalah Kecenderungan  hati yang tinggi terhadap suatu gairah, keinginan sesuatu. Sedangkan menurut Slamito minat adalah kesukaan pada sesuatu tanpa adanya yang menyuruh tergerak oleh hati, keinginan tersendiri.

Faktor - faktor yang mempengaruhi bakat dan minat:

1. Faktor Internal

Faktor internal yang mempengaruhi  bakat dan minat yaitu Genetika atau keturunan. Faktor ini adalah faktor yang paling berpengaruh dalam minat dan bakat anak, karena mereka akan secara totalitas di bimbing dan di bantu oleh orang yang sangat ahli dalam bakatnya yaitu kedua orang tuanya sendiri.

Selain faktor genetika, ada juga dengan faktor kepribadian anak.  Pada faktor ini anak bisa mencapai dan mengerti di mana letak bakatnya, karena pada faktor ini sangat erat dengan kondisi emosional anak. Sehingga anak akan lebih percaya diri dengan bakatnya.

2. Faktor Eksternal 

a. Lingkungan Keluarga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN