Mohon tunggu...
Hikma Hanif
Hikma Hanif Mohon Tunggu... MAHASISWI

Kamu tidak berjalan sendirian

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Annyeong! Cari Kecerdasanmu Yuk

19 April 2021   23:50 Diperbarui: 20 April 2021   00:32 56 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Annyeong! Cari Kecerdasanmu Yuk
sumber: nurtureshock.com

Dalam kondisi apapun, Jangan biarkan Emosi mengalahkan Kecerdasanmu

Koordinator utama dalam segala pergerakan manusia adalah otak. Otak adalah pusat sistem saraf pada vertebrata dan banyak invertebrate lainnya. Organ inilah yang menjadi pusat dan pengontrol ataupun mengkoordinir sebagian besar, gerakan, perilaku, pikiran, ingatan, ucapan, penglihatan, perasaan, pendengaran, dan fungsi organ dalam seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh manusia. Kecerdasan manusia juga berasal dari otak.

Apakah otak yang besar itu memiliki kecerdasan yang tinggi ?

Sering kali kita mendengar bahwa seseorang memiliki otak yang besar itu orang yang pintar. Dan sering juga kita mendengar bahwa jika seseorang yang memiliki jidat yang lebar atau "jenong" itu pasti dikatakan orang yang pintar. Memang pada dasarnya manuisa memiliki otak yang berbeda-beda, jika benar ukuran otak menjadi tolak ukur kecerdasan manusia, tetapi mengapa? Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Neuroscience and Biobehavioral Riviews menyatakan bahwa seseorang yang memiliki otak dengan ukuran besar bukan jaminan seseorang itu untuk memiliki IQ yang tinggi. Untuk itu bagi kalian yang memiliki jidat yang tidak lebar jangan berkecil hati, banyak tipe kecerdasan manusia yang harus kalian ketahui.

Tokoh pendidikan sekaligus psikolog yang mencetuskan teori kecerdasan majemuk atau multiple intelligences yaitu Howard Earl Gardner berkebangsaan Amerika  berpendapat, terdapat sembilan (9) tipe kecerdasan pada manuisa yang berbeda. Berikut 9 tipe kecerdasan yang dicetuskan oleh Howard Earl Gardner dalam penelitiannya :

  • Kecerdasan Visual dan Spasial
  • Tipe kecerdasan ini dimiliki oleh seorang pelukis, pematung, dan lain sebagiannya. Karena mereka yang memiliki kecerdasan ini mampu menghitung jarak, volume, pola, dan juga berbagai detil lainnya dengan baik dari sebuah benda. Dari benda tersebut mereka akan menggambarkannya atau membuat sesuatu karya.
  • Kecerdasan Musikal
  • Seseorang yang memiliki kecerdasan ini, akan membuat mereka mempunyai pemahaman yang lebih kagi baik dalam membedakan suatu suara atau bunyi. Dan mereka juga lebih peka terhadap melodi, nada, dan bunyi lainnya. Kecerdasan ini banyak dimiliki oleh para pemusik, dirigen, komposer, serta bidang lainnya yang berhubungan denga musik atau suara.
  • Kecerdasan Logika Matematika
  • Kecerdasan ini mungkin kecerdasan yang begitu membuat kagum bagi sebagian orang yang belum bisa dalam bidang atau pelajaran matematika. Karena sebagian besar orang menyebut seseorang yang pintar adalah orang yang pandai matematika. Kecerdasan ini banyak dimiliki oleh seorang akuntan, ahli mesin, dan lainnya yang berhubungan dengan matematika.
  • Kecerdasan Eksistensial
  • Kecerdasan ini dimiliki oleh seorang psikolog, karena seorang yang memiliki kecerdasan ini mampu memahami dan mengetahui berbagai hal dalam kehidupan.
  • Kecerdasan Naturalis
  • Seorang yang mamiliki kecerdasan ini mampu memahami lingkungan disekitarnya, seperti keberadaan makhluk hidup ataupun kebutuhan makhluk hidup yang diketahui mereka dengan baik. Kecerdasan ini dimiliki oleh para ahli biologi, dan pecinta flora dan fauna.
  • Kecerdasan Interpersonal
  • Kemampuan kecerdasan ini adalah berkomunikasi dengan baik dan efekstif dengan orang lain. Jiwa sosial yang baik dan dapat bekerja sama dengan orang lain membuat kehidupan sosial mereka lebih terarah. Kecerdasan ini dimiliki oleh seorang pelayanan masyarakat, bekerja di bidang sosial, dan lainnya.
  • Kecerdasan Intrapersonal
  • Kecerdasan ini mampu membuat seseorang yang memilikinya paham akan kebutuhannya sendiri dan memahami diri sendiri ataupun orang disekitarnya. Seorang yang memiliki kecerdasan ini juga bisa menjadi seorang motivator.
  • Kecerdasan Kinestik Jasmani
  • Kecerdasan ini berkaitan dengan aktvitas fisik, seperti penguasaan gerakan menari atau gerakan olahraga. Mereka memiliki keselarasan tubuh dengan kinerja otak yang baik. Kecerdasan ini dimiliki oleh seorang atlet, penari, dan lainnya yang berhubungan dengan aktivitas fisik.
  • Kecerdasan Linguistik
  • Kecerdasan ini ditunjukkan dengan mereka yang baik dalam berkomunikasi baik dalam lisan ataupun dalam tulisan, dan mereka juga menguasai bahasa dengan baik. Mereka yang memiliki kecerdasan ini akan memilih bahasa yang tepat dan baik dengan lawan bicaranya saat berkomunikasi. Kecerdasan ini dimiliki oleh seorang yang bekerja di media, pembicara, atau seorang penulis.

Jadi, setiap orang memiliki kecerdasan masing-masing yang  telah diberikan. Pelajari dan pahami kecerdasan tersebut, serta gunakanlah kecerdasan dengan baik. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Referensi :

Riski Candra Swari. 2020. Apakah Benar Otak Lebih Besar Artinya Lebih Pintar? https://hellosehat.com/saraf/saraf-lainnya/ukuran-otak-manusia-besar-pintar/ (diakses 19 April 2021)

Siti Hadijah. 2017. 9 Tipe Kecerdasan yang Dimiliki Manusia, Mana yang Anda Punya? https://www.cermati.com/artikel/9-tipe-kecerdasan-yang-dimiliki-manusia-mana-yang-anda-punya (diakses 19 April 2021)

VIDEO PILIHAN