Humaniora Pilihan

Generasi Z, Simbol Komodifikasi dan Akumulasi Kapital

6 Desember 2017   21:44 Diperbarui: 7 Desember 2017   09:33 702 2 1

Era modernitas sebagai sebuah symbol kemajuan sebuah peradaban tak lain adalah hasil reproduksi ide manusia. Sebagai representative era moderenitas yang berwujud adalah kemajuan sains dan teknologi. Manusia sebagai subjektivitas di era modernitas selalu di kaitkan dengan teknologi sebagai objektivitas, sehingga pada era ini manusia dan teknologi saling mempengaruhi. 

Fenomena narasi para generasi jaman sekarang atau bahasa populernya  sebagai generasi Z atau atau orang-orang yang hidup di jaman perkembangan internet atau generasai yang sudah menikmati keajaiban teknologi. adalah sangat menarik untuk di amati perilakunya. Kuhususnya kehidupan sehari-hari, generasi Z yang  mana bila kita amati dari setiap aktivitasnya sehari-hari tidak dapat dipisahkan dari teknologi gadged berupa Handpone. 

Mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai kantoran dan kawula muda lainnya yang namanya handpone adalah teman sekaligus media hiburan baginya. Tapi tau kah  kalau fenomena generasi Z ini bisa menjadi salah satu potensi ekonomi yang bisa mendatangkan akumulasi capital   bagi sebagian kalangan yang memiliki kepentingan ekonomi ?

Bagi sebagian kalangan,  fenomena generasi Z  dalam perilakunya dengan pemakaian gadget mungkin hanya memandang pada konteks perilaku atau subjektivitas dari manusia yang di pengaruhi oleh objektivitas dari sebuah teknologi. Dan mungkin juga bagi sebagian kalangan lain memandang hal yang sama dengan saya dari sudut pandang yaitu generasi Z memainkan peranan terbesanya bagi proses akumulasi capital dari pihak-pihak yang memiliki kepentingan ekonomi. 

Meskipun begitu dari sudut pandang saya sendiri melihat Perilaku generasi jaman now dengan teknologi gadget yang kita liat sehari-hari dalam kehidupan merupakan salah satu perilaku untuk menunjukkan eksistensi dirinya. 

Media teknologi gadget adalah sarana untuk menunjukkan eksistensi dari generasi jaman Z. Eksistensi dari perilaku generasi jaman sekarang tanpa sadar akan mempengaruhi objek lain. Salah satu dari objek lain yang saya coba angkat disini adalah sector parawisata sebagai objek yang di pengaruhi oleh subjek dari perilaku generasi Z. 

Dalam konteks parawisata sebagai objek yang di pengaruhi oleh subjektivitas perilaku generasi Z. proses mempengaruhi ini akan terbalik dimana parawisata sebagai objek  akan mempengaruhi generasi Z, sehingga parawisata sebagai komoditas akan melahirkan akumulasi capital bagi pihak swasta, pemerintah dan masyarakat yang terlibat dalam kepentingan ekonomi.

Secara empiris bisa kita lihat pada perilaku generasi Z ketika memanfaatkan teknologi gadget atau handpone untuk berselfi di tempat wisata, dan menunjukkan eksistensi dirinya pada khalayak public di media sosial. Tanpa sadar perilaku tersebut akan mempengaruhi orang lain atau public untuk datang pada objek wisata tersebut. 

Hal ini secara disadari oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan ekonomi menjadikan perilaku generasi Z sebagai media pemasaran sekaligus symbol komodifikasi untuk  proses akumulasi capital di sector parawisata.

Simplifikasi dari metode berfikir ini adalah bagaimana perilaku dari generasi Z dalam menunjukkan eksistensi diri dengan sarana teknologi gadget atau handpone yang memiliki fitur-fitur lengkap, dapat menjadi media atau komoditas yang dapat mendatangkan pundi-pundi uang bagi pihak-pihak yang memiliki kepentingan ekonomi.