Mohon tunggu...
Hijrah Saputra
Hijrah Saputra Mohon Tunggu...

seorang perencana yang ingin membangun pariwisata melalui desain grafis dan tulisan. Sekarang fokus membuat sejarah sendiri di Piyoh Design (Sekenang kedar-kedaran dari Sabang)dan Mr.Piyoh (Berbagi Aceh dimana Aja)

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Belajar Ekonomi Kreatif di Boston

8 November 2017   01:04 Diperbarui: 10 November 2017   04:41 0 0 0 Mohon Tunggu...
Belajar Ekonomi Kreatif di Boston
img-3728-5a01fbde9b1e6761937d43e2.jpg


Hijrah Saputra (Hijrah) pemilik Piyoh Design dan founder dari The-Leader.id terpilih mengikuti Program YSEALI Profesional Fellows Fall 2017 mewakili Indonesia. Sebanyak 31 peserta dari seluruh negara ASEAN bersama 20 peserta dari EuroAsia. Program tersebut berlangsung pada 10 Oktober - 16 November 2017.

Hijrah merupakan wirausaha muda kreatif dan seorang social entrepreneur berasal dari kota paling barat Indonesia, Kota Sabang.  Membuat desain dan produk kreatif untuk membantu perkembangan sektor pariwisata di Sabang, Banda Aceh dan Provinsi Aceh secara umum membuatnya termasuk ke dalam daftar 32 anak muda Indonesia yang memiliki pengaruh positif versi UNFPA tahun 2015. Selain itu dia juga menginisiasi organisasi kepemudaan, The Leader, yang bergerak untuk membantu anak-anak muda untuk mengembangkan potensi dirinya dan mewujudkan mimpinya dengan program Dreammaker dan Dreammaker Institute. Hijrah juga aktif menulis dan membuat komunitas menulis positif tentang Aceh di Gam Inong Blogger.

Peserta yang terpilih akan menghabiskan waktu selama enam minggu di Amerika Serikat, akan disebar ke seluruh penjuru Amerika Serikat, mendapatkan satu worksite sebagai tempat belajar selama empat pekan, dan dua pekan lagi di Washington DC untuk orientasi dan kongres dengan seluruh peserta yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Hijrah sendiri berkesempatan magang selama satu bulan di Artists For Humanity, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Salah satu perusahaan wirausaha kreatif social yang membantu anak-anak muda kreatif terutama anak-anak sekolah tingkat atas di Boston untuk terus berkarya dan membantu pendidikan mereka.

Selain memelajari tentang ekonomi kreatif, wirausaha sosial, merasakan langsung tinggal dengan orang Asli Amerika Serikat, Hijrah sangat berharap agar bisa mengenalkan Sabang, Aceh dan Indonesia kepada orang Amerika, ini adalah kesempatan yang luar biasa karena banyak sekali rumor jelek yang beredar tentang Aceh dan Indonesia, jadi ini kesempatan untuk menjelaskan dan memperkenalkan langsung kepada orang di Amerika, bahwa kita ada dan punya potensi wisata yang bisa jadi pilihan untuk mereka kunjungi. 

Hijrah dipilih mewakili 10 negara ASEAN setelah melalui beberapa proses. Setelah melewati seleksi sekitar 300 orang, akhirnya terpilih enam peserta mewakili Indonesia yaitu Annisa Hasanah (Bogor), Muhammad Romdhoni (Bandung), Vidya Spay (Solo),Nazarudin (Makassar) dan Tisha Rumbewas (Jayapura). Hijrah juga berharap nantinya akan banyak terbuka kesempatan untuk peluang bagi anak-anak muda Aceh untuk belajar dan bekerjasama dengan Amerika Serikat.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x