Mohon tunggu...
Izzah Nuruz Zakiya
Izzah Nuruz Zakiya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakart

Saya seorang mahasiswa jurusan ilmu komunikasi di UIN Sunan Kalijaga yang gemar membaca, menulis, menonton film, dan fotografi

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Sorgum Solusi sebagai Penyelamat Krisis Pangan, Kenali Keunggulan Sorgum!

12 Maret 2024   11:31 Diperbarui: 12 Maret 2024   15:09 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: https://jatengprov.go.id/

Indonesia sudah mulai menanam Sorgum saat abad ke-empat namun keberadaanya saat ini sudah mulai terlupakan dikarenakan Beras sudah dijadikan komoditi utama untuk menjadi makanan pokok. Namun, Sorgum tak kalah dengan beras manfaatnya bahkan sorgum lebih banyak mengandung manfaat dibandingkan dengan beras oke sebelumnya mari kita mengenal tanaman yang sudah mulai dilupakan oleh masyarakat awan tanaman sorgum merupakan tanaman serelia yang berasal dari Afrika Timur tanaman serbaguna ini dapat dijadikan bahan pangan utama manusia bahkan untuk bahan pakan ternak serta bahan baku industri sangat bermanfaat sekali bukan?. 

Sorgum juga sudah dianggap sebagai tanaman zero waste karena hampir semua bagian tanamanya bisa dimanfaatkan seperti Bijinya bisa dijadikan sebagai bahan pangan atau makanana pokok pengganti nasi, batangnya juga mengandung nira atau cairan manis yang dihasilkan dari batang tanaman dan bisa diolah menjadi gula, bagian lainnya juga seperti daun, akar atau ssisa-sisa tanaman dapat dijadikan sebagai bahan pakan ternak. Bahkan hasil campuran biomassa sorgum dan molasa bisa dijadikan genting atau asap composit yang ringan dan bahkan tahan  gempa sangat mengejutkan bukan manfaat tanaman sorgum ini?. 

Belum selesai juga segudang manfaatnya jika mengkonsumsi sorgum yang dapat mengurangi peradangan, baik utuk diet karena sorgum yang render hula, baik juga untuk penderita alergi gluten, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol diabetes, menjaga kesehatan tulang, kaya akan zat besi, menjaga sistem pencernaan, menurunkan kolestrol dan bahkan sampai mengatasi stunting. 

sumber gambar: https://ekonomi.republika.co.id/
sumber gambar: https://ekonomi.republika.co.id/

Uniknya lagi tanaman sorgum juga bisa bertahan meski musim sedang dilanda kekeringan karena tanaman ini dapat bertahan meskipun suhu yang tinggi tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan yang ekstra seperti memerlukan banyak air, dan pupuk selama pertumbuhan. Bahkan lebih mengejutkan lagi sorgum dapat dipanen sebanyak 3 sampai 5 kali dalam satu periode tanam sangat berbanding sekali bukan jika masa panel betas yang memerlukan waktu 4 bulan dalam satu periode tanam. 

Sorgum juga memiliki potensi untuk menjadi substitusi kebutuhan gandum nasional karena dengan kondisi saat ini negara kita masih impor gandum sebanyak 11 jute ton pertahun. Sorgum juga dianggap paling layak untuk dijadikan makanan pengganti gandum, beras, dan bahan pokok lainnya. Tanaman ini bisa dijadikan alternatif untuk pengganti nasi karena keunggulan dari sorgum ini sangatlah banyak seperti :

  • Sorgum memiliki kemampuan adaptasi yang luas terhadap lingkungan dan cuaca. tanaman ini bahkan dapat tumbuh dengan baik meskipun berada dilingkungan yang banjir ataupun panas kekeringan sehingga tanaman ini sangat cocok ditanaman didaerah kondisi tanah yang tidak stabil dan di daerah dengan iklim ekstrim.
  • Dari kemampuan adaptasi sorgum yang luar biasa ini petani masih dapat memanen hasil tanaman mereka meskipun kondisi lingkungan yang kurang baik.
  • Tanaman ini juga dapat ditanam secara berulang-ulang dalam satu musim tanam. kemampuan ini memungkinkan petani dapat mengambil hasil panen dalam waktu yang relatif singkat.
  • Tanaman ini mampu memanfaatkan number daya yang ada dengan efisien, sehingga dapat memberikan hasil panen yang baik meskipun berada di lahan yang tidak optimal.

Selain bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti nasi sorgum juga bisa diolah sebagai sereal, bubur, tepung, roti, kue, bahkan sirup karena biji sorgum memiliki bentuk seperti jagung tetapi ukurannya lebih kecil sehingga dapat diolah dengan mudah. jadi gimana? tertarik untuk mencoba dan memulai mengonsumsi sorgum? atau bahkan mau mulai bertani dan menanam sorgum?.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun