Smartphone dan milenial seakan menjadi satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Hampir setiap hari dari bangun tidur hingga beranjak ingin tidur lagi, smartphone jadi benda yang paling sering digengam. Sebagai generasi milenial yang tumbuh bersama teknologi, fenomena ini seakan sudah begitu wajar mengingat semua kegiatan akan sangat terbantu dengan kehadiran smartphone dan aplikasi yang digunakan di dalamnya.
Di Indonesia sendiri, ada beberapa aplikasi yang begitu populer keberadaannya. Hasil studi yang dilakukan oleh Alvara Research Center yang berjudul "Perilaku & Preferensi Konsumen Milenial Indonesia Terhadap E-commerce 2019" menemukan ada 3 kategori aplikasi yang jadi favorit generasi milenial.
1. Go-Jek
Aplikasi dari Karya Anak Bangsa ini sukses membuat banyak perubahan di Indonesia. Berkat keberadaannya, tak hanya generasi milenial yang merasakan manfaatnya, tapi juga seluruh masyarakat Indonesia.Â
Aplikasi yang semulanya fokus pada bidang transportasi ini, sudah melebarkan sayapnya dan hampir semua pembayaran bisa dilakukan lewat Go-Jek melalui Go-Pay. Berdasarkan hasil penelitian, di bidang transportasi Go-Jek unggul dengan 70,4% responden ketimbang pesaingnya Grab dengan 45,7%. Sedangkan untuk layanan pesan-antar makanan, aplikasi ini tetap unggul karena dianggap sebagai pelopor food delivery di Indonesia.
2. Traveloka
Aplikasi untuk pemesanan hotel dan tiket pesawat yang paling populer dikalangan milenial adalah Traveloka dengan 79% responden ketimbang Tiket.com dan Blibli.com. Aplikasi yang logonya mirip dengan Twitter ini mayoritas memang digunakan oleh milenial.Â
3. Lazada
Aplikasi belanja dari Singapura ini memang menguasai pasar Indonesia. Dari hasil penelitian di atas milenial yang menggunakan Lazada mencapai 47,9%, sedangkan Shopee 32,2%.Â
Ketiga aplikasi ini keberadaannya begitu penting bagi milenial. Kalau kamu apa nih aplikasi yang paling favorit di smartphone kamu.Â