Mengelola brand dengan baik menjadi salah satu faktor penting agar sebuah bisnis bisa sukses. Ada banyak proses yang harus dilewati hingga sebuah produk bisa dikatakan sebuah brand.Â
Brand bukan hanya tentang merek, melainkan sebuah identitas dari bisnis yang dikenal oleh konsumen. Berbagai proses perlu kamu lewati untuk mencapai kategori brand.Â
1. Awareness
Perjalan sebuah prosuk dimulai dari awareness. Kemampuan konsumen dalam mengingat sebuah produk, baik dari segi warna, logo, hingga tagline menjadi tahap awal untuk menarik perhatian konsumen mengetahui keberadaan dari bisnis yang kamu jalankan.
2. LoyalitasÂ
Tidak mudah membangun rasa loyalitas dari konsumen di tengah begitu banyaknya kemunculan berbagai bisnis baru dengan kategori yang sama. Untuk itu, loyalitas membuka peluang yang lebih besar dalam meningkatkan kepercayaan dan pembelian produk.
3. Reputasi
Memiliki experience yang baik akan memunculkan reputasi yang positif. Reputasi ini akan menjadi pertimbangan bagi orang lain saat ingin menggunakan produk yang kamu miliki. Biasanya calon konsumen akan lebih percaya setelah mendengar experience dari orang-orang terdekat mereka.
5. EquityÂ
Menurut Kein Lane Keller, equity adalah keinginan seseorang untuk terus menggunakan sebuah produk. Di mana dari equity tersebut, akan menciptakan value yang lebih besar bagi konsumen dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Tentu untuk melewati beberapa step di atas bukanlah perkara yang mudah. Membangun brand awarenss saja harus perlu melakukan beberapa strategi untuk dilakukan. Mulai dari menggunakan media sosial, WiFi branding, atau WiFi Advertising, hingga aktif optimisasi web dengan SEO, semuanya perlu dilakukan untuk mengetahui mana strategi yang paling tepat untuk diterapkan.Â