Mohon tunggu...
HIGOspot
HIGOspot Mohon Tunggu... Let's Make Your WiFi Smart | Everyone like free wifi

Let's Make Your WiFi Smart | WiFi Advertising Platform yang membantu pelaku usaha untuk mengenal pengunjung secara dekat layaknya teman, membantu advertiser untuk beriklan serta melakukan human-based marketing dengan data analitik. http://higo.id/higospot-social-wifi

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Cara Mengatasi Masalah Kerja yang Sering Dialami Anak Baru di Kantor

19 Mei 2019   13:29 Diperbarui: 20 Mei 2019   15:58 0 3 0 Mohon Tunggu...
Cara Mengatasi Masalah Kerja yang Sering Dialami Anak Baru di Kantor
Ilustrasi. Sumber: https://unsplash.com 

Memiliki pekerjaan impian setelah lulus kuliah tentu menjadi idaman setiap orang, karena untuk mendapatkannya kamu harus melewati banyak tahap dan perjuangan yang tidak mudah. Namun setelah masuk kerja tidak berarti semuanya berjalan dengan lancar, bedanya budaya kampus dengan lingkungan kerja juga membuat kamu harus pandai menyesuaikan diri agar bisa survive di sana.

Masalah kerja yang sering dialami anak baru di kantor tentu tidaklah mudah untuk dilewati, namun jika kamu tahu bagaimana cara mengatasinya kamu akan lebih mudah untuk menghadapinya. Buat kamu yang sedang mengalami masa-masa sulit tersebut beberapa tips berikut ini bisa kamu lakukan. 

1. Mengetahui budaya kerja 

Saat mengetahui bahwa kamu diterima ke dalam sebuah perusahaan, cobalah mulai mencari budaya kerja di sana lewat tampilan website atau media sosial yang mereka miliki. Cara ini akan memberikan insight baru buat kamu bagaimana cara berpakaian, bersikap, hingga menjalin komunikasi saat berada di sana.

Saat kamu melihat tampilan design dan bahasa yang digunakan terkesan casual, kamu bisa mengambil kesimpulan bahwa budaya kerja di sana menyenangkan dan tidak terlalu serius. Biasanya perusahaan startup atau agensi digital memiliki budaya yang terkesan lebih santai dan menyenangkan.

2. Cobalah menjadi pendengar yang baik

Menjadi pendengar yang baik akan lebih mudah untuk menangkap apa yang disampaikan oleh orang lain. Kamu sebagai karyawan baru akan di briefing sebelum memulai kerja, untuk itu dengarkanlah setiap instruksi dengan baik agar kamu bisa menjalankan pekerjaan dengan benar.

3. Tidak malu untuk bertanya

Daripada berbuat kesalahan di hari pertama, berani untuk bertanya jika ada instruksi yang kamu anggap kurang jelas menjadi solusi yang paling tepat. Beranilah dan jangan sungkan untuk bertanya, namun jika kamu takut dianggap tidak kompeten karena terlalu banyak bertanya, kamu bisa mengumpulkan list segala hal yang menurut kamu membingungkan dan tanyakan sekaligus.

4. Memiliki sikap inisiatif

Banyak perusahaan yang menilai anak baru dari sikap inisiatif yang mereka tunjukkan. Orang yang memiliki sikap inisiatif akan mudah untuk memberikan aksi nyata dengan tindakan untuk menolong orang lain di tim mereka.

5. Pantang menyerah dan sabar

Segala hal pasti memiliki awalan begitupun dengan pekerjaan. Untuk itu dibutuhkan sikap pantang menyerah dan sabar dalam menjalaninya karena setiap awalan pastinya tidaklah mudah.

Menjalani pekerjaan baru dengan latar belakang fresh graduate memang tidaklah mudah, namun jika kamu memiliki keinginan yang kuat untuk terus maju dan belajar, memastikan semua kantor menerima kahadiranmu dengan tangan terbuka sangatlah mudah. Cobalah satu persatu tips di atas agar kamu lebih ringan melakukannya. 

Kalau kamu akhirnya merasa tidak sesuai dengan budaya kerja di sana, HIGO membuka sedang mencari anggota keluarga baru, kamu bisa cek di Facebook kita.  Dan jika kamu punya pengalaman bagaimana  menghadapi masalah di kantor baru? Boleh share di kolom komentar ya.