Digital

Mahasiswa KKN UM bersama Pemerintah Desa Karangmojo Melakukan Pengembangan Sistem Informasi dan Website Desa

12 Juli 2018   19:39 Diperbarui: 12 Juli 2018   20:00 194 0 0
Mahasiswa KKN UM bersama Pemerintah Desa Karangmojo Melakukan Pengembangan Sistem Informasi dan Website Desa
dokpri

JOMBANG-Mahasiswa KKN UM bersama Pemerintah Desa Karangmojo Kecamatan Plandaan melakukan pemgembangan Sistem Informasi Desa dan pengelolaan informasi berbasis website.  Pengembangan ini dilakukan melalui lima kali pertemuan bersama perangkat desa, yaitu Sekretaris Desa dan Kasi Pelayanan selaku pengelola Sistem Informasi Desa (SID) Karangmojo. Bertempat di Balai Desa Karangmojo dilaksanakan peluncuran website desa Karangmojo pada tanggal 9 Juli 2018.

Sejumlah persoalan yang terjadi di desa disebabkan oleh minimnya informasi yang disajikan oleh desa. Sehingga perlu adanya keterbukaan informasi publik di desa sebagai elemen penting yang harus diwujudkan melalui sistem informasi desa. Sementara selama ini Desa Karangmojo masih mengadopsi sistem informasi desa berbasis offline, oleh karenanya segenap pihak yang terlibat dalam pengelolaan sistem informasi desa diharapkan mampu mereplikasi kiat-kiat desa lain sebagai daerah yang telah berhasil mengaplikasikan sistem informasi desa berbasis website.

Oleh sebab itu, mahasiswa KKN UM memberikan pendampingan untuk  mengembangkan website yang akan memudahkan pembaharuan data dan  mempermudah penyampaian informasi desa terhadap masyarakat. Dikatakan  oleh Mohamad  Pujiono selaku Sekretaris Desa website desa dapat  memudahkan pertukaran informasi tentang desa dan sistem informasi ini  dapat memudahkan pemutakhiran data yang didapat menjadi data tunggal  yang valid. "Sebelumnya kita sudah punya sistem informasi desa (SID),  namun masih belum sempurna dalam pengerjaannya. Saya sangat  mengapresiasi kegiatan pemgembangan ini karena tahun 2019 desa di tuntut  untuk aktif dalam penggunaan website,"  jelasnya.

dokpri
dokpri
"Media offline itu orang jarang yang mau buka karena perlu waktu kemudian informasinya biasanya kurang update. Tetapi jika media online hari itu ketika diupdate informasinya langsung bisa dibuka dimanapun bisa tidak harus menemui pemilik informasi. Selain itu, informasi lebih murah cukup dengan android dan paket data, itu semua menjadi tantangan yang harus disikapi kedepan," ujar Ghufron selaku Kasi Pelayanan Desa Karangmojo.

Sistem informasi desa berbasis web ini mempunyai banyak keunggulan seperti penyelenggaraan pemerintahan desa yang efektif dan efisien, pemerintahan desa menjadi transparan dan akuntabel, dan masyarakat bisa mendapatkan akses yang lebih baik dan mudah dalam memperoleh informasi mengenai Desa Karangmojo. Diharapkan usai mengikuti kegiatan pengembangan SID dan website bersama mahasiswa KKN UM ppemerintah desa baik itu administrator dan operator di Desa Karangmojo dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat sehingga dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik.

Dengan SID dan website Desa Karangmojo mempunyai data akurat yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Semua data yang diperlukan oleh pengambil keputusan dari tingkat kabupaten sampai provinsi bisa tersedia secara cepat dan akurat. Tidak berhenti sampai disitu, SID dan website dapat dikembangkan untuk e-coomerce hasil-hasil pertanian, produk UMKM, dan peternakanyang ada di desa.