Mohon tunggu...
hesty Gorang
hesty Gorang Mohon Tunggu... Lainnya - Buku gudang ilmu

๐Ÿ“Penulis buku : Pena Pedang Penulis, Muslimah Kanan. ๐Ÿ“Anggota di FLP NTB ๐Ÿ”ฎPemilik blog : Lancarberbahasa.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Latihan Menulis: Fokus Saat Menulis (Part II)

5 November 2023   07:59 Diperbarui: 5 November 2023   08:07 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
tips menulis untu pemula/pexels.com

Memasuki hari kedua, semangat menulis masih berkobar. Hari ini yang perlu saya ingat ketika menulis adalah bagaimana untuk tetap fokus saat melakukan latihan menulis ini. Tidak semua orang memiliki trik yang sama saat melakukan strategi fokus menulis ini.

Kenapa harus fokus saat menulis?

Mungkin ada yang bertanya kenapa sih harus fokus saat menulis? Yah, dengan fokus terhadap apa yang kita kerjakan, maka pekerjaan itu akan terlaksana dengan baik. Begitu juga saat menulis, ketika kita fokus dengan keybord dan jemari yang terus bergerak untuk menghasilkan karya yang baik dan bermanfaat untuk orang lain. Fokus membuat kita lebih serius menyelesaikan tulisan kita.

Apa yang harus dilakukan saat fokus?

Lantas apa sih yang harus kita lakukan agar tetap fokus saat menulis. Hal ini saya ungkapkan sesuai pengalaman dan beberapa pendapat yang saya ambil dari beberapa sumber.

Jauhkan dari Hp

Bebaskan diri beberapa waktu untuk jauh dari benda satu ini, ia memang berarti bahkan penting dalam kegiatan tulis menulis, namun juga sebagai penghalang dan penganggu saat menulis. Jadi, sebisanya untuk menjauh dari Hp saat menulis. Jika ada kepentingan dengan HP selesaikan terlebih dahulu, atau atur waktu untuk menggunakannya kembali saat proses menulis telah selesai.

Atur waktu menulis yang pas

Mungkin tidak semua orang bisa menentukan waktu menulis yang tepat, mengingat setiap orang memiliki waktu kerja dan kesibukan yang berbeda. Saya pribadi mengambil waktu saat anak-anak sudah tidur. Dulu saat belum berkeluarga bisa menulis berjam-jam untuk mendapatkan banyak tulisan, namun setelah berkeluarga semua itu tidak bisa disamakan, maka waktu kosong digunakan sebaik mungkin, jika tidak ada gangguan dari anak, usahakan untuk menulis, agar tetap fokus menyelesaikan tulisannya.

Miliki target

Saya termasuk orang yang tidak pernah membuat target saat menulis dan ternyata saat menulis dengan tidak memiliki target saya merasa seperti bebas, kapan-kapan tulisan mau selesai, hari ini saya katakan pada diri saya, "ah, nanti saja" begitu juga besok, begitu seterusnya. Begitulah jika tidak memiliki target. Tapi, ketika kita memiliki target kita akan fokus untuk menyelesaikan tulisan kita, dan akan mencapai target yang diinginkan.

Sudah punya ide untuk ditulis

Hal terpenting saat fokus menulis adalah kita sudah tahu apa yang akan ditulis saat memulai. Yah, karena jika sudah punya ide terlebih dahulu kita akan lebih fokus untuk memulai dan menyelesaikannya. Maka, buatlah list topik atau gagasan untuk ditulis sebelum memulai mengetik di atas keyboard laptop.

Di atas adalah tips sederhana yang bisa diikuti, tidak semua trik bisa dilakukan semua orang, tapi semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat untuk siapa saja yang membacanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun