Mohon tunggu...
hesty Gorang
hesty Gorang Mohon Tunggu... Lainnya - Buku gudang ilmu

๐Ÿ“Penulis buku : Pena Pedang Penulis, Muslimah Kanan. ๐Ÿ“Anggota di FLP NTB ๐Ÿ”ฎPemilik blog : Lancarberbahasa.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

6 Penyebab Malas Menulis

11 Januari 2023   09:05 Diperbarui: 11 Januari 2023   09:17 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

"Aduh, pagi-pagi rencana mau menyelesaikan tulisan malah malas."

Malas menulis. Nah, ini dia penyakit para penulis. Apalagi yang pemula seperti saya. Harus wanti-wanti saat penyakit ini datang menyapa, apalagi datangnya pas deadline tulisan yang makin dekat.ย 

Aku pun heran, kenapa sih rasa malas saat menulis lebih sering datang daripada rajin itu sendiri. Yuk kenali penyebab rasa malas saat menulis.

Penyebab Malas Menulis

Di sini saya kan menuliskan enam faktor yang paling sering menjadi hambatan saat menulis dan membuat malas menulis itu datang.ย 

1. Tidak punya ide

Nah yang pertama adalah tidak memiliki ide. Pasti sahabat kompasiana sudah pernah mengalami hal ini. Di saat mau menulis tiba-tiba ide itu hilang. Jadinya bingung mau nulis apa. Akhirnya "Ah, nanti aja dah, idenya udah hilang." Jadinya malas deh buat lanjutin atau memulai untuk menulis.ย 

2. Suka menunda-nunda

Ini juga penyakit paling parah. Menunda-nunda artinya kita sedang menumpukkan sau pekerjaan dengan pekerjaan yang lain. Akhirnya jika dilihat sudah menumpuk rasa malas akan hadir karena pekerjaan yang begitu banyak. Jadi jangan ditunda-tunda lagi ya sahabat kompasiana.ย 

3. Pentingkan ego

Keegosian adalah penyakit dalam diri kita yang tidak memberi dampak pada diri kita saja, namun pada orang lain jug. Bagimana dalam hal tulis menulis. Ternyata tanpa di sadar saya sering mmentingkan ego saya ketika menyelesaikan tulisan. Terkadang saya lebih memilih scrool media sosial dari pada menyelesaikan tugas. Saya lebih mementingkan melihat konten-konten unfaedah dari pada menyelesaikan tulisan. Teman-teman jangan seperti saya yaaa.ย 

4. Godaan teman

Saat sibuk menyelesaikan tulisan tiba-tiba ada teman datang ngajak nobrol, ngajak jalan, ngajak shoping, ah banyak banget ajakan teman yang selalu datang tdak pada waktunya. Kadang ikut aja tanpa mikirin waktu kumpulin tulisan udah mepet banget. Ujung-ujungnya semua terbengkalai dan akhirnya tulisan nggak jadi-jadi.

5. Tidak punya motivasi dan target

Motivasi dan target mnulis juga sangat penting. Teman yang selalu meberikan motivasi akan membakar semangat kita, namun jika tidak ada motivasi dari siapapun termasuk dari diri sendiri, akan membuat kita lebih cepat menyerah dan jadi malas. begitu pun target tulisan. Yang sering membuat kita nnda-nunda adalah karena tidak punya target saat menulis. Jadnya merasa tidak dibebani dan akhirnya suka-suka mau kerjakan kapan saja. Padahal target bukan saja membuat kita rajin melainkan disiplin dalam mengatur waktu.ย 

Nah, itu adalah penyebab umum saat saya mau mnulis.ย 

Kalau sahabat di sini. Kira-kira apa saja sih yang sering menjadi penyebab kemalasan saat menulis? Yuk di share di kolom komentar.ย 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun