Mohon tunggu...
Hery Setyawan
Hery Setyawan Mohon Tunggu... Guru - Guru

SMPN 42 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menulis Buku Antologi Itu Susah Susah Gampang

2 Desember 2022   08:24 Diperbarui: 2 Desember 2022   08:36 192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri - Penulis mengikuti kelas menulis Nobaper 

Beberapa hari yang lalu saya menerima pesan melalui beberapa grup komunitas penulis yang isinya menawarkan kegiatan menulis buku antologi dengan berbagai macam tema. Memang bagi Sebagian orang yang biasa mengikuti kelas menulis buku antologi bukan sesuatu hal yang sulit, tinggal ambil laptop tulis sesuai dengan tema yang diminta oleh panitia selanjutnya kirim. 

Selanjutnya kita tinggal menunggu informasi dari panitia terkait biaya yang harus dikeluarkan oleh kita. Proses yang sangat mudah bagi kita sehingga itu lah yang membuat banyak guru yang mengikuti penulisan buku antologi.

Tetapi ketika kita mau menulis buku antologi namun kapasitas kita sebagai panitia tentunya berbeda ketika kita hanya sekedar menjadi penulis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya:

1. Tema penulisan nya harus jelas, karena dari sini orang mau atau tidaknya mengikuti kegiatan penulisan buku yang kita laksanakan. Kalau tema itu menarik saya yakin banyak yang berminat.

2. Harus hati hati dalam menentukan judul buku jangan sampai kita menggunakan judul yang sudah ada atau judul yang kita buat tidak sesuai dengan tema

3. Menentukan genre buku, sebagai panitia kita harus bisa menentukan genre buku yang akan kita jalani jangan sampai target nya untuk anak anak tetapi kita menulis buku non fiksi.

4. Membuat panitia penulisan yang solid, memang kepanitiaan ini berbeda dengan kepanitiaan yang lain, panitia ini tidak perlu banyak orang hanya saja harus diisi oleh orang orang yang paham tentang alur penulisan agar bisa menjadi sebuah buku.

5. Tentukan penerbit yang cocok, biasanya bicara penerbit ini harus benar benar di diskusikan semua penerbit punya kekurangan dan kelebihannya masing masing. Dan yang terpenting cari penerbit yang cocok dikantong kita.

6. Terakhir dalam membuat harus membuat timeline yang jelas karena proses penulisan buku sampai terbit ISBN nya itu memerlukan waktu yang cukup lama apalagi ada aturan terbaru dilengkapi oleh kita sebagai penulis agar ISBN nya bisa terbit.

Menulis buku antologi itu mengasyikan, susah susah gampang semua harus dipertimbangkan secara matang apalagi kita sebagai panitia penulisannya jangan sampai ide penulisan buku ini gagal karena kesalahan kita sebagai panitia. So selanjutnya terserah anda..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun