Mohon tunggu...
Hervina
Hervina Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Belajar Lembur, Hasilnya Blur

4 Juli 2018   20:35 Diperbarui: 4 Juli 2018   20:47 354
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

 

BELAJAR LEMBUR, HASILNYA BLUR

(MEMAHAMI DENGAN JELAS PRINSIP EVALUASI)

            Di masa ini, tak jarang kita dengarkan keluhan siswa-siswa tentang ketidakadilan dalam pemberian nilai dalam ujian. Contohnya saja mereka katakan "aku sudah belajar dengan giat, tapi kok hasil ujian ku rendah yah, padahal menurutku jawaban yang kuberikan sudah benar" atau mereka katakan "kenapa soalnya sesusah ini yah padahal waktu pelajaran soalnya gampang" dan juga biasanya mereka berkata "gurunya tidak adil, aku lebih pintar dari si A tapi kok linai dia lebih tinggi?". Pasti diantara kita pun pernah merasakannya.

            Nah, dari beberapa contoh keluhan yang biasanya dilontarkan oleh siswa, pastinya muncul beberapa pertanyaan dalam benak kita. Apakah guru yang bersangkutan tidak adil dalam pemberian nilai? Apakah gurunya tidak obyektif dalam member nilai? dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya

            Namun tahukah anda ada beberapa hal yang dapat membuat ketidaklancaran proses evaluasi. Termasuk didalammya tidak terpenuhinya prinsip-prinsip evaluasi.

            Sebagai seorang pendidik hendaknya kita mengetahui apa saja prinsip-prinsip evaluasi agar membantu dalam proses evaluasi sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ada beberapa prinsip dalam mengevaluasi yang harus diketahui oleh seorang guru atau pendidik, yaitu:

  • Mendidik        : adanya sumbangsi positif dari hasil evaluasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
  • Valid               : seorang pendidik harus tahu tingkat kevalidan dari setiap bahan ataupun alat evaluasi yang digunakan.
  • Obyektif          : tidak adanya pemberian hasil evaluasi yang menyimpang seperti pemberian nilai berdasarkan gender atau agama.
  • Terbuka dan transparan: harus ada sepengetahuan dari semua pihak yang terlibat terhadap hasil evaluasi maupun prosedur pengevaluasiannya.
  • Adil                 : dalam mengevaluasi tidak dibenarkan adanya keuntungan sepihak ataupun kerugian disatu sisi jadi dalam mengevaluasi harus adil.
  • Terpadu
  • Keseluruhan dan keseimbangan
  • Makna
  • Sistematis
  • Akuntable
  • Beracuan kriteria
  • Diatas merupakan hanyalah sebagian kecil dari beberapa prinsip evaluasi yang harus diketahui oleh guru agar nantinya tidak ada lagi perselisihan karena tidak keseimbangan dalam memberikan hasil evaluasi kepada peserta didik. Agar kedepannya tidak ditemukan perasaan ketidak adilan dalam dalam hati peserta evaluasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun