Senin, 08 Juli 2019 - 15:01 WIB
Kepala Perwakilan BI Kediri, Musni Hardi Kusuma Atmaja memberikan dukungan keikusertaan pameran Karya Kreatif Indonesia 2019 (KKI) dan pemasaran on line ke pengusaha UMKM, pameran ini diselenggarakan pada 12-14 Juli di JCC sebagai wujud kontribusi nyata dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.
Pameran tersebut mengambil tema 'Mendorong Pertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital', BI Kediri
akan menghadirkan UMKM unggulan seperti kain tradisional batik, tenun dan produk turunannya, kerajinan kulit serta produk pangan olahan.
Pameran ini sebagai langkah untuk mempercepat upaya penciptaan aktivitas ekonomi baru melalui pengembangan produk unggulan daerah, pameran ini juga untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia menuju pasar internasional dan memanfaatkan platform digital (marketplace). "Pergantian kebiasaan pembelian offline ke online harus disikapi secara cepat dalam mempromosikan dan menawarkan produk yang dihasilkan UMKM," kata Musni Hardi Kusuma Atmaja. Di sela-sela pertemuan persiapan KKI UMKM, Senin (8/7/2019).
Selain itu, Bank Indonesia (BI) Kediri akan terus mendorong pengusaha UMKM untuk terus berinovasi dan beradaptasi di tengah persaingan global. Salah satunya mempromosikan produk UMKM melalui pemasaran online.Dengan masuknya era perdagangan digital, UMKM harus menyesuaikan secara cepat. Saat ini, persaingan usaha tidak hanya lokal, tapi sudah menjadi pasar global yang membutuhkan kepercayaan, akurasi dan kecepatan dengan kepuasan pelanggan sebagai prioritas.
Dalam KKI 2019 akan memfasilitasi business matching antara pelaku UMKM dengan lembaga keuangan, marketplace, dan importir/agregator.
Selain itu, diselenggarakan pula parade kain nusantara produk premium UMKM untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia menuju pasar internasional dan memanfaatkan platform digital (marketplace).
Pengunjung juga dapat memperoleh informasi mengenai prosedur, program, fasilitas, dan kiat-kiat untuk UMKM menembus pasar internasional dan memanfaatkan platform digital dalam pemasaran produk UMKM melalui kegiatan talkshow, workshop, dan business coaching.
KKI 2019 memberikan kesempatan kepada UMKM untuk mempromosikan produknya secara lebih luas, sekaligus memotivasi untuk terus berkreasi menghasilkan produk berkualitas dan bernilai tinggi.
Diharapkan produk yang dihasilkan UMKM dapat menembus pasar online serta meningkatkan penjualan yang akhirnya menambah kesejahteraan pemilik UMKM juga masyarakat pada umumnya.