Mohon tunggu...
heruwidy
heruwidy Mohon Tunggu... Wiraswasta - Kompasianer

Ikatlah ilmu dengan tulisan” “Qoyyidul ‘ilma bilkitabi”. (HR. Thabrani dan Hakim). “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya” (Ali bin Abi Thalib)

Selanjutnya

Tutup

Money

Gelar Karya Kreatif Indonesia dan Pemasaran Online UMKM

9 Juli 2019   18:50 Diperbarui: 10 Juli 2019   18:34 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hadapi persaingan, BI Kediri dorong UMKM dalam Pameran dan Pasarkan Produk Lewat On Line

Senin, 08 Juli 2019 - 15:01 WIB

Kepala Perwakilan BI Kediri, Musni Hardi Kusuma Atmaja memberikan  dukungan keikusertaan pameran Karya Kreatif Indonesia 2019  (KKI) dan pemasaran on line ke pengusaha UMKM, pameran ini diselenggarakan pada 12-14 Juli di JCC sebagai wujud kontribusi nyata dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Pameran tersebut mengambil tema 'Mendorong Pertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital', BI Kediri
akan menghadirkan UMKM  unggulan seperti kain tradisional batik, tenun dan produk turunannya, kerajinan kulit serta produk pangan olahan.

Pameran ini sebagai langkah untuk mempercepat upaya penciptaan aktivitas ekonomi baru melalui pengembangan produk unggulan daerah, pameran  ini juga untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia menuju pasar internasional dan memanfaatkan platform digital (marketplace). "Pergantian kebiasaan pembelian offline ke online  harus disikapi secara cepat dalam mempromosikan dan menawarkan produk yang dihasilkan UMKM," kata Musni Hardi Kusuma Atmaja. Di  sela-sela pertemuan  persiapan KKI  UMKM, Senin (8/7/2019).

Selain itu, Bank Indonesia (BI)  Kediri akan terus  mendorong pengusaha UMKM untuk terus berinovasi dan beradaptasi di tengah persaingan global. Salah satunya mempromosikan produk UMKM melalui pemasaran online.Dengan masuknya era perdagangan digital, UMKM harus menyesuaikan secara cepat. Saat ini, persaingan usaha tidak hanya lokal, tapi sudah menjadi pasar global yang membutuhkan kepercayaan, akurasi dan kecepatan dengan kepuasan pelanggan sebagai prioritas. 

Dalam KKI 2019 akan memfasilitasi business matching antara pelaku UMKM dengan lembaga keuangan, marketplace, dan importir/agregator.

Selain itu, diselenggarakan pula parade kain nusantara produk premium UMKM untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia menuju pasar internasional dan memanfaatkan platform digital (marketplace).

Pengunjung juga dapat memperoleh informasi mengenai prosedur, program, fasilitas, dan kiat-kiat untuk UMKM menembus pasar internasional dan memanfaatkan platform digital dalam pemasaran produk UMKM melalui kegiatan talkshow, workshop, dan business coaching.

KKI 2019 memberikan kesempatan kepada UMKM untuk mempromosikan produknya secara lebih luas, sekaligus memotivasi untuk terus berkreasi menghasilkan produk berkualitas dan bernilai tinggi.

Diharapkan produk UMKM dapat menembus pasar on line dan eksport
Diharapkan produk UMKM dapat menembus pasar on line dan eksport
Diharapkan produk yang dihasilkan UMKM dapat menembus pasar online serta meningkatkan penjualan yang akhirnya menambah kesejahteraan pemilik UMKM juga masyarakat pada umumnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun