PERAN HUMAS DALAM MEMBANGUN PUBLIC RELATIONÂ
Penulis: Heru Fernando
Public relations atau diartikan sebagai relasi publik merupakan sebuah praktik dalam menginformasikan berita atau peristiwa tentang perusahaan, mempertahankan citra, dan memberi pengaruh positif terhadap cara pandang publik. Public relations adalah strategi yang diterapkan tak hanya pada perusahaan atau organisasi, tapi bisa juga para mereka, individu, atau suatu gerakan. Public relations adalah salah satu disipin ilmu dalam komunikasi.Â
Public relation mengelola dan menyebarkan informasi dari individu atau organisasi kepada publik untuk memengaruhi persepsi publik mereka. Dalam bahasa Indonesia, public relations disebut dengan hubungan masyarakat atau humas.Â
Humas HIMA ILKOM UNLA merupakan sebuah divisi yang berdiri di bawah naungan Himpunan Mahasiswa yang memiliki tugas-tugas tertentu dalam hal kemasyarakatan. Humas juga bertanggung jawab dalam berkoordinasi dengan divisi lainnya namun sebelum mengkordinasikan ke divisi lain, ketua divisi humas akan memberikan arahan kepada anggotanya lalu setelah semua anggota humas paham, tentunya kordinasikan kepada ketua himpunan setelah kordinasi akan kepihak utama maka informasi bisa disebarkan ke seluruh divisi.Â
Mengenai public relation, humas bertugas membangun hubungan dengan publik, khususnya ketika HIMA mendirikan sebuah acara atau project tertentu. Hubungan yang dibangun oleh humas bisa berupa informasi dan komunikasi kepada pihak tertentu yang dirasa penting. Humas memiliki peran dalam menciptakan citra baik organisasi , mengkomunikasikan segala bentuk informasi tentang organisasi baik kepada publik, klien ataupun para investor.Â
Dalam menjaga public relation, divisi humas diharapkan mampu menciptakan poin positif sehingga akan dapat meningkatkan penjualan atau citra positif sebuah organisasi di mata publik. Keberhasilan public relation juga terjadi ketika Humas berhasil mempertahankan reputasi, citra positif di masyarakat. Seperti saat ini, keterbukaan akan informasi ke pada publik menjadi hal yang sudah umum adanya.