Mohon tunggu...
HERU FERNANDO
HERU FERNANDO Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi universitas Langlangbuana

Mahir otomotif

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Humas dalam Membangun Public Relation

4 Juli 2022   22:20 Diperbarui: 4 Juli 2022   23:00 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PERAN HUMAS DALAM MEMBANGUN PUBLIC RELATION 

Penulis: Heru Fernando

Public relations atau diartikan sebagai relasi publik merupakan sebuah praktik dalam menginformasikan berita atau peristiwa tentang perusahaan, mempertahankan citra, dan memberi pengaruh positif terhadap cara pandang publik. Public relations adalah strategi yang diterapkan tak hanya pada perusahaan atau organisasi, tapi bisa juga para mereka, individu, atau suatu gerakan. Public relations adalah salah satu disipin ilmu dalam komunikasi. 

Public relation mengelola dan menyebarkan informasi dari individu atau organisasi kepada publik untuk memengaruhi persepsi publik mereka. Dalam bahasa Indonesia, public relations disebut dengan hubungan masyarakat atau humas. 

Humas HIMA ILKOM UNLA merupakan sebuah divisi yang berdiri di bawah naungan Himpunan Mahasiswa yang memiliki tugas-tugas tertentu dalam hal kemasyarakatan. Humas juga bertanggung jawab dalam berkoordinasi dengan divisi lainnya namun sebelum mengkordinasikan ke divisi lain, ketua divisi humas akan memberikan arahan kepada anggotanya lalu setelah semua anggota humas paham, tentunya kordinasikan kepada ketua himpunan setelah kordinasi akan kepihak utama maka informasi bisa disebarkan ke seluruh divisi. 

Mengenai public relation, humas bertugas membangun hubungan dengan publik, khususnya ketika HIMA mendirikan sebuah acara atau project tertentu. Hubungan yang dibangun oleh humas  bisa berupa informasi dan komunikasi kepada pihak tertentu yang dirasa penting. Humas memiliki peran dalam menciptakan citra baik organisasi , mengkomunikasikan segala bentuk informasi tentang organisasi baik kepada publik, klien ataupun para investor. 

Dalam menjaga public relation, divisi humas diharapkan mampu menciptakan poin positif sehingga akan dapat meningkatkan penjualan atau citra positif sebuah organisasi di mata publik. Keberhasilan public relation juga terjadi ketika Humas berhasil mempertahankan reputasi, citra positif di masyarakat. Seperti saat ini, keterbukaan akan informasi ke pada publik menjadi hal yang sudah umum adanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun