Hernadi Faturachman
Hernadi Faturachman Part Time Blogger

Seorang pecinta sepak bola yang percaya Indonesia akan tampil di World Cup walaupun tidak yakin itu kapan

Selanjutnya

Tutup

Bola

10 Pemain yang Layak Dinantikan Saat Piala Dunia 2018

14 Juni 2018   16:30 Diperbarui: 14 Juni 2018   16:46 271 0 0
10 Pemain yang Layak Dinantikan Saat Piala Dunia 2018
kolase---dokpri

Piala Dunia 2018 tinggal menyisakan hitungan jam sebelum pluit kick off pertandingan pembuka antara tuan rumah Rusia versus Arab Saudi. Ajang turnamen sepak bola terbesar di dunia ini akan memasuki edisi ke-21 sejak dipertandingkan pertama kali pada tahun 1930 di Uruguay. Besarnya turnamen ini membuat banyaknya bintang lapangan hijau yang ikut berpartisipasi. Saya mencoba memilih setidaknya 10 pemain yang berpotensi akan mentas di Piala Dunia kali ini.  

1. Mohammed Salah (Mesir)

Musim 2017/2018 adalah musimnya Mohammed Salah, mungkin terlalu berlebihan tapi saya rasa tidak demikian. Total 43 gol Liverpool selama musim 2017/2018 hasil sumbangsih Salah sudah cukup membuatnya menjadi pemain yang paling diandalkan timnas Mesir dan paling dinantikan aksinya di Rusia nanti. Cedera bahu yang didapat saat final UCL kemarin membuat Salah kemungkinan absen di partai pertama atau mungkin hanya masuk sebagai pemain pengganti. Tetapi walau begitu aksi dari "Egyptian King" ini layak dinantikan saat Piala Dunia nanti serta ditambah terakhir Mesir lolos ke Piala Dunia yaitu tahun 1990 membuat motivasi Salah dkk semakin besar untuk bisa melangkah jauh kali ini.

2. Manuel Neuer (Jerman)

Siapa  yang tidak kagum dengan kiper satu ini. Berani, refleks bagus, sangat  vokal dibawah mistar gawang dan skill-skill lainnya membuat tidak ada  yang tidak kagum dengan kiper satu ini. Tetapi, pemanggilan ke skuat  timnas Jerman untuk ke Piala Dunia membuat banyak publik ragu. Bagaimana  tidak Neuer hampir sama sekali tidak bermain selama musim 2017/2018.  

Neuer lebih banyak menepi untuk penyembuhan cedera kaki saat bermain di  UCL apalagi ditambah status Neuer yang memang kapten timnas membuat dia  kemungkinan besar akan menjadi kiper utama menggeser Marc Andre Ter Stegen yang penampilannya sangat baik di Barcelona musim 2017/2018.  

Peraih Golden Gloves di Piala Dunia 2014 harus membuktikan kepada para doubters bahwa Joachim Loew tepat memilihnya untuk posisi penjaga gawang utama sang juara bertahan.

3. Nabil Fekir (Prancis)

Pemain  24 tahun yang santer diisukan akan merapat ke Liverpool ini menjalani  musim terbaik 2017/2018 selama berada di Olympique Lyon. Total 23 gol dan 9 assists serta membawa Lyon finis ke-3 untuk menjamin spot  UCL musim depan menjadi bukti kehebatan Nabil Fekir. Fekir mungkin tidak menjadi starting eleven 4-3-3 andalan Didier Deschamps yang  lebih memilih trio Pogba, Matuidi, Kante tetapi dia sangat mungkin  menjadi senjata rahasia Prancis saat terjadi deadlock atau biasa disebut supersub.  

Kemampuan playmaking dan olah bola yang mumpuni ditunjang visi bermain  yang jempolan membuat Deschamps dapat menambah dimensi lain ke dalam  permainan Prancis nanti. Apabila di Piala Dunia 2014 ada Mario Gotze  yang menjadi supersub maka di Piala Dunia 2018 julukan tersebut akan menjadi milik Nabil Fekir.

4. Son Heung Min (Korea Selatan)

Piala Dunia 2018 akan menjadi keikutsertaan yang ke-2 bagi pemain Tottenham satu ini tetapi mungkin bisa menjadi yang paling menentukan buat Son. Kenapa demikian ? Hal ini tak lepas dari wajibnya seluruh laki-laki Korea Selatan menjalani wajib militer selama 21-24 bulan lamanya hingga mereka berusia 27 tahun. Tanggal 8 Juli nanti Son akan genap berusia 26 tahun sehingga waktu penundaan hanya menyisakan satu tahun bagi dirinya. 

Son wajib membawa Korsel minimal 4 besar pada Piala Dunia nanti untuk menyelamatkan karir Son atau berusaha sekuat tenaga di kesempatan terakhir saat Asian Games di Jakarta-Palembang Agustus nanti dengan membawa Korsel menjadi juara untuk membebaskan Son dari wajib militer. Absen dua tahun bagi pesepakbola menjadi hal yang tidak diinginkan apalagi ditengah karir Son yang sedang menanjak. 

Kecemerlangan Park Ji Sung di level klub khususnya saat di Manchester United salah satunya imbas dari Pemerintah Korsel yang membebaskan seluruh skuad Korsel di Piala Dunia 2002 karena berhasil meraih 4 besar di ajang tersebut. Mampukah Son menjalani mission impossible di Piala Dunia kali ini. Selengkapnya disini

5. Emil Forsberg (Swedia)

No more Zlatan ! Ya mungkin ini slogan yang ada di timnas Swedia kali ini. Zlatan Ibrahimovic selalu menjadi pemain yang tidak pernah dilewatkan oleh timnas Swedia di ajang apapun selama dia tidak terkena cedera atau memutuskan pensiun. Keputusan pensiun Zlatan pada Juni 2016 membuat Swedia harus mencari bintang baru. 

Tidak perlu waktu lama sang pengganti siap mentas untuk menggantikan sang bintang, dialah Emil Forsberg gelandang RB Leipzig. Cepat, Eksplosif, dan kemampuan olah bola yang baik membuat Forsberg akan menjadi komoditas panas bursa transfer saat Piala Dunia 2018 selesai. Secara statistik memang musim 2017/2018 tidak berjalan sebaik musim 2016/2017 karena cedera yang membuatnya harus menepi dari lapangan hijau. 

Karena hal itulah Piala Dunia menjadi ajang ujung gigi yang pas buat dia untuk membuat klub-klub besar tertarik membelinya. Menurut transfermarkt.de harga Forsberg saat ini sebesar 25 juta euro bukan tidak mungkin harga Forsberg akan naik bila bermain baik di Rusia nanti. Arsenal, AC Milan, Atletico Madrid adalah diantara klub-klub yang berminat mendapatkan jasanya. 

6. Timo Werner (Jerman) 

Timo Werner, Emil Forsberg, dan Naby Keita adalah diantara pemain-pemain penting yang membuat RB Leipzig dapat bersaing di papan atas Bundesliga selama dua tahun terakhir. 42 gol dalam 77 penampilan bersama RB Leipzig selama dua musim meyakinkan Joachim Loew untuk menyertakan Werner di 23 nama yang dibawa Jerman ke Rusia. 

Satu spot striker tunggal formasi 4-2-3-1 andalan Loew pun kemungkinan besar akan jatuh ke pemain berusia 22 tahun ini. Bila demikian maka Werner akan memiliki tugas berat bukan hanya sebagai juru gedor utama Die Mannschaft tetapi juga bakal menjadi penerus sang legenda Jerman Miroslav Klose di posisi penyerang. 

Klose yang saat ini memegang pencetak gol terbanyak sepanjang masa Jerman dan caps terbanyak kedua setelah Lothar Matthaus dan yang paling fenomenal jelas top scorer Piala Dunia sepanjang masa dengan 16 gol akan menjadi tantangan tersendiri bagi Werner untuk bisa menyamai atau bahkan melewati sang legenda.

7. Kylian Mbappe (Prancis)

Pemain satu ini mungkin yang paling di favoritkan untuk mendapatkan Best Young Player Award di Piala Dunia Rusia nanti. Penampilan fenomenal musim lalu bersama AS Monaco yang diikuti transfer mencapai 180 juta pounds ke tim kaya Paris Saint Germain membuat semua mata tertuju pada hot prospect player satu ini. 

Di Piala Dunia nanti Mbappe akan menjadi pemain termuda kedua setelah Daniel Arzani dari Australia. Satu spot front three timnas Prancis nampaknya akan menjadi milik pemuda 19 tahun bersama ,bintang Atletico Madrid, Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele milik Barcelona. Bukan tidak mungkin dikemudian hari Mbappe akan memecahkan rekor transfer milik Neymar. 

Piala Dunia Rusia nanti akan menjadi pembuktian pertama dan pengalaman pertama Mbappe bersama timnas di kompetisi level internasional.

8. Isco (Spanyol)

Karir Isco di klub memang tidak secemerlang di timnas. Di timnas Isco selalu menjadi pilihan utama Lopetegui berbeda dengan di klub, Real Madrid, dimana Isco harus sering menunggu giliran bermain bila salah satu dari trio BBC ada yang cedera. Mencetak 4 gol selama babak kualifikasi membuat peraih golden boy award tahun 2012 bakal menjadi jenderal lapangan tengah timnas Spanyol di Rusia nanti. 

Piala Dunia 2018 akan menjadi turnamen akbar pertama bagi pria kelahiran Malaga ini sekaligus ajang pembuktian kepada pelatih Real Madrid yang tidak lain adalah pelatih Spanyol yaitu Lopetegui bahwa Ia siap untuk mengisi posisi reguler di skuad Los Galacticos. 

Walaupun Lopetegui harus didepak tepat 2 hari sebelum kick off Piala Dunia dimulai Saya rasa pelatih baru Fernando Hierro akan tetap memberikan satu tempat gelandang kepada Isco.

9. Philippe Coutinho (Brazil)

Banyak fans Brazil yang kecewa saat Philippe Coutinho tidak dipanggil oleh pelatih Luis Felipe Scolari di Piala Dunia 2014 dimana saat itu Brazil menjadi tuan rumah. Scolari lebih memilih penyerang dengan kualitas seperti Fred dan Jo ketimbang "The Little Magician" Coutinho yang penampilannya selalu konsisten di Liverpool saat itu. 

Era baru Brazil dimulai saat Tite mengambil alih posisi pelatih timnas dimana Coutinho menjadi salah satu pemain penting dan selalu menjadi starter bagi skuad The Selecao. 

Coutinho berhasil membuat chemistry yang bagus bagi penyerang Brazil Neymar dan juga Gabriel Jesus serta membuat serangan Brazil jauh lebih atraktif. PR besar Brazil saat ini adalah melupakan kenangan buruk saat Piala Dunia terakhir dimana Brazil hanya mampu finis di posisi 4 dan tertunduk malu dibantai Jerman 1-7 saat babak semifinal.

10. Marco Reus (Jerman)

Dari 736 pemain yang akan berpartisipasi di Rusia nanti mungkin tidak ada yang se-excited Marco Reus. 2 kali Marco Reus harus gagal tampil di turnamen besar sepak bola Piala Dunia 2014 dan Euro 2016 dikarenakan cedera. 

Tidak ada yang meragukan kemampuan Reus dan apabila dalam kondisi terbaik Reus layak mendapat predikat pemain sayap terbaik di dunia atau setidaknya 3 besar sayap terbaik di dunia saat ini. Kemampuannya bermain di berbagai posisi menjadi nilai plus bagi Reus dan bisa jadi Piala Dunia 2018 ini akan menjadi Piala Dunia terakhir bagi dirinya mengingat usia Reus yang sudah 29 tahun dan kerentanan Reus terhadap cedera. 

Untuk itu Reus akan memberikan penampilan terbaik bagi timnas Jerman agar dapat kembali menjadi juara dunia di Rusia nanti dan menyamai pencapaian Brazil dengan 5 gelar juara dunia.

***

Sebenarnya masih ada beberapa pemain yang juga layak ditunggu di Piala Dunia nanti seperti Hakim Ziyech dari Maroko, Serdar Azmoun dari Iran, atau bahkan Sadio Mane yang akan menjadi andalan Senegal. 

Selain beberapa nama tersebut ada juga nama-nama yang sebenarnya layak untuk tampil di Piala Dunia tetapi sayang tidak dipanggil untuk ambil bagian di Piala Dunia 2018 nanti seperti top scorer Seria A 2017/2018 Mauro Icardi dan Pemain Muda terbaik BPL 2017/2018 Leroy Sane. 

Walaupun banyak bintang-bintang sepak bola yang tidak ikut serta pada turnamen empat tahunan nanti tetapi Piala Dunia tetaplah turnamen yang memiliki gengsi tersendiri dan layak untuk disaksikan.

Siap-siap begadang ya Football geeks semua !

Hernadi Faturachman