Hermas Efendi Prabowo
Hermas Efendi Prabowo Penulis, Teknisi Ahli di Worner Matic (wornermatic.com)

Bekerja profesional untuk kualitas yang baik. Worner Matic - Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Mengenal Tiptronic pada Mobil Matic

20 September 2018   11:18 Diperbarui: 20 September 2018   11:32 2492 0 0

Apa itu tiptronic? Saya yakin banyak orang pernah mendengar istilah ini. Bisa jadi samar-samar. Tapi ada juga yang memang tidak tahu sama sekali. 

Saking tidak tahunya apa itu tiptronic, seorang sales mobil menjawab sekenanya saat ditanya calon pembeli apa gunanya tiptronic?

"Emmm... tiptronic itu pokoknya bikin mobil matic tambah enak, halus perpindahannya," jawab sales cantik dengan rok mini itu sambil tersenyum bimbang. 

Mungkin karena yang ditanya cewek cantik, si bapak calon pembeli seketika hilang daya kritisnya. 

Manggut-manggut saja, lalu asyik mengamati setiap jengkal lekuk mobil yang ditawarkan, sambil sesekali melirik ke arah sales itu. 

Sepenggal dialog ini berlangsung di salah satu booth mobil di ajang pameran mobil terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 beberapa waktu lalu

Saya geleng-geleng kepala menyaksikan dialog singkat mereka. Ekspresi wajah sales itu tampak masih bimbang. 

Pilihan Berkendara

Membahas tiptronic, sepintas berkelebat bayangan Eko. Eko Listiyo Rini. Teman saya wartawan Bloomberg. 

"Mas, tulisin artikel soal tiptronic dong," begitu pintanya dua tahun lalu. Sayapun mengiyakan, setelahnya lupa. 

Peristiwa di GIIAS itu, mengingatkan kembali janji saya untuk menulisnya. 

Apa itu tiptronic? Tiptronic bukan tipe transmisi matic baru. Kalau ada yang beranggapan demikian, segera buang jauh-jauh. Bukan juga teknologi yang pasti melekat pada mobil matic baru. 

Dia juga bukan komponen baru dalam gearbox matic. Juga bukan teknologi yang pasti ada di mobil matic tipe CVT (continuously variable transmission). 

Tiptronic hanyalah teknologi tambahan. Fungsinya memberi pilihan berkendara pada pengemudi mobil matic untuk mengontrol sepenuhnya perpindahan gigi secara nyaman.

Dengan mode tersebut pengemudi bisa menambah atau mengurangi tingkat percepatan secara manual kapanpun dia mau, tanpa perlu menginjak pegal kopling.

Karena fungsinya itu, orang kemudian mengenalnya sebagai mode manual matic (manumatic). Transmisi matic yang bisa dikendalikan secara manual cukup dengan menekan paddle shifter atau menggeser tuas up shift (+) atau down shift (-).

Produsen mobil lain ada yang menamainya geartronic, touchshift, sportronic, clutchless-manual dan banyak lagi.

Teknis pengoperasiannya macem-macem. Tapi prinsipnya kalau mode tiptronic diaktifkan, kita bisa memindah percepatan layaknya mobil manual hanya dengan menggeser tuas atau menekan paddle shifter tanpa harus menekan pedal kopling dengan kaki. 

Tombol/paddle tiptronic untuk menaikkan/menurunkan tingkat percepatan ada yang diletakkan dikemudi, dibalik kemudi atau cukup menggeser tuas ke arah simbol (+) atau (-).

Ketika tuas digeser ke (+) atau tombol (+) ditekan, gigi percepatan akan bertambah. Begitu sebaliknya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2