Mohon tunggu...
Herman Efriyanto Tanouf
Herman Efriyanto Tanouf Mohon Tunggu... Menulis puisi, esai, artikel lepas

Bergiat di Komunitas LEKO Kupang

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Sebagian Warga Jakarta Terlalu Lebay

5 Agustus 2019   19:49 Diperbarui: 6 Agustus 2019   02:27 0 7 6 Mohon Tunggu...
Sebagian Warga Jakarta Terlalu Lebay
Foto: Dok. pribadi

Listrik padam beberapa jam saja sudah mengeluh, sampai-sampai Nagita Slavina ajak anak dan keluarganya ke Singapura. Harusnya bersyukur, listrik padam beberapa jam itu momen untuk refleksi, masuklah ke dalam keheningan setelah bertahun-tahun dilanda kebisingan. Bahkan sebagian besar orang Jakarta, ketika lahir disambut oleh kebisingan.

Keluh kesah dan amarah warga Jakarta yang 'berseliweran' di media sosial, itu tanda terlalu menggantungkan segala tetek-bengek kehidupan pada arus listrik. Saya khawatir, kalau-kalau esok atau lusa itu tubuh-tubuh dialiri listrik. Bahaya!

Mari, belajarlah dari kami di timur Indonesia. Anak-anak manusia lahir hingga kembali abadi tanpa melihat apalagi menikmati terang lampu dan segala yang membutuhkan itu arus bernama listrik. Kalau mampir ke beberapa wilayah di Timor-Nusa Tenggara Timur,  kalian akan mendapati anak-anak berusaha belajar di samping pelita-pelita redup. Itu pun kalau minyak tanah masih sempat dibeli. Bayangkan ini situasi!

Kami tidak terlalu bahkan memang tidak pernah mengeluh samasekali ketika malam-malam adalah gelap. Tidak seperti kalian yang menikmati segala tawaran arus listrik dan cahaya kapan saja. Gelap beberapa saat saja sudah mau 'matmampos'. Eh, bukankah gelap itu saat-saat paling nikmat? Tulis puisi untuk pacar, misalnya. Ya, kalau untuk yang satu ini sih, puisi sekaligus cahaya dalam gelap sekalipun. Coba saja!

So, orang-orang Jakarta jang marah-marah, juga Bapak Presiden Joko Widodo jang marah-marah lai itu petugas PLN dorang! Marahlah kami ketika semesta beri matahari dan purnama, tapi kami masih malas membaca! Marahlah kami ketika buku-buku dirazia, dijarah, direbut, dihanguskan, tapi masih saja malas menulis!

KONTEN MENARIK LAINNYA
x