Mohon tunggu...
Herly Angga Valentino
Herly Angga Valentino Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa S1 Kimia - Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peduli COVID-19, Mahasiswa KKN UM Mengedukasi Anak-Anak di Desa Langlang dengan Kegiatan Melukis Masker sebagai Sarana Berkreasi Selama Pandemi

30 November 2021   18:30 Diperbarui: 30 November 2021   19:05 193 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Malang - Pandemi COVID-19 menjadi perhatian khusus pemerintah di Indonesia saat ini. Semua kegiatan masyarakat di Indonesia khususnya kegiatan di luar rumah harus terpaksa dibatasi guna mencegah penularan COVID-19. Berbagai kebijakan pun telah dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia, salah satunya adalah pemakaian masker ketika berada di luar rumah. 

Masker merupakan salah satu alat pelindung diri yang kini wajib digunakan saat keluar rumah. Menurut WHO (World Health Organization) penggunaan masker ini dilakukan sebagai strategi maupun langkah komprehensif untuk menekan penularan dan menyelamatkan nyawa terhadap COVID-19.

Selama pandemi COVID-19, anak-anak mudah bosan dengan kegiatan karantina mandiri yang diberlakukan. Anak-anak yang dikenal aktif harus terpaksa berdiam diri di rumah. Hal inilah yang mendorong Mahasiswa KKN Sinambung Universitas Negeri Malang (UM) di Desa Langlang, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang Tahun 2021 untuk melakukan salah satu program kerja sebagai bentuk sarana edukasi terhadap anak-anak di Desa Langlang akan pentingnya pemakaian masker. Bentuk edukasi yang dilakukan adalah dengan kegiatan melukis masker.Kegiatan melukis masker ini dilaksanakan pada hari Jum'at, 19 November 2021 di Desa Langlang. Kegiatan melukis masker ini membutuhkan beberapa bahan seperti masker kain, cat aklirik, kuas dan palet lukis. Selain kegiatan melukis masker, kelompok KKN UM yang diketuai oleh Trisna Chandra Laksana ini juga memberikan edukasi yang berkaitan dengan Pandemi COVID-19, seperti memberikan penjelasan tentang apa itu masker, jenis-jenis masker, cara penggunaan dan perawatan masker yang baik dan benar kepada anak-anak. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Kegiatan melukis masker yang melibatkan anak-anak ini diharapkan akan memberikan ruang kreativitas, kesabaran, sarana mencurahkan imajinasi, sekaligus mengajarkan anak-anak secara tidak langsung dalam mengaktualisasikan himbauan protokol kesehatan sebagai media sosialisasi pencegahan virus COVID-19 pada anak-anak. Selain itu, pelukisan masker berkarakter ini akan menambah nilai estetika yang akan membuat anak-anak merasa senang ketika memakainya, sehingga diharapkan ketaatan dalam menggunakan masker dapat meningkat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan