Mohon tunggu...
Herlina Ina
Herlina Ina Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Elektron Valensi

13 Oktober 2022   08:03 Diperbarui: 13 Oktober 2022   08:19 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Dalam kimia, elektron valensi merupakan elektron suatu atom yang dapat ikut serta membentuk ikatan kimia dengan atom yang bersamanya. Elektron - elektron valensi yang berada dalam suatu atom netral lepas mampu berikatan dengan elektron elektron valensi atom yang berikatan untuk membentuk ikatan kimia.
Elektron Valensi- Elektron yang berada dalam tingkat energi tertinggi dari suatu atom dan yang terlibat dalam reaksi kimia. Tiga hal penting yang perlu diingat tentang elektron valensi: *

1) Terletak di orbit luar *

 2) Mereka memiliki energi paling banyak *

 3) Mereka dipegang paling longgar (digunakan untuk ikatan kimia unsur-unsur) Unsur-unsur ingin 8 elektron valensi bahagia.

Unsur-unsur yang memiliki 8 elektron valensi sendiri (tanpa terikat pada atom/unsur lain) disebut gas mulia (kelompok 18.) Helium, yang ditemukan dalam kelompok ini, hanya memiliki dua elektron valensi. 

Ada dua unsur yang hanya ingin dua elektron valensi bahagia: hidrogen dan helium. Ini karena berapa banyak elektron yang mereka miliki. Unsur-unsur dalam kelompok 18 senang karena mereka stabil. Unsur-unsur yang tidak memiliki delapan elektron valensi sendiri dianggap reaktif. Unsur-unsur yang tidak memiliki delapan elektron valensi sendiri akan menggunakan ikatan kimia. 

Kita akan belajar lebih banyak tentang ikatan kimia di bab 5 bagian 2 dan bagian 3. Ketika kita membahas elektron valensi, kita melewatkan logam transisi (kelompok 3-12) karena ada banyak pengecualian/penyimpangan. Diagram Titik Elektron- representasi elektron valensi dalam atom, menggunakan titik-titik. Anda juga harus menulis dalam simbol kimia untuk elemen saat menggambar diagram titik elektron. Nitrogen memiliki lima elektron valensi.

Beginilah seharusnya diagram titik elektron untuk nitrogen terlihat: Harap dicatat: Setiap sisi (di atas, di bawah, kiri, dan kanan) dari simbol kimia untuk suatu elemen hanya dapat memiliki maksimal dua titik. Ada dua cara untuk menentukan jumlah elektron valensi yang dimiliki suatu unsur:

 1) unsur-unsur dalam kelompok 1 memiliki satu elektron valensi. Unsur-unsur dalam kelompok 14 memiliki 4 elektron valensi. Ketika suatu elemen terletak dalam nomor grup yang berada dalam dua digit (grup 13-18), kita harus melihat angka digit kedua untuk menentukan jumlah elektron valensi yang akan dimilikinya. Periksa: Berapa banyak elektron valensi yang dimiliki unsur-unsur dalam kelompok 16? Jawaban: 6 elektron valensi

 2) Menggambar Model Bohr adalah cara lain untuk menentukan jumlah elektron valensi yang dimiliki suatu unsur. natrium (Na) sebagai contoh untuk menunjukkan proses ini. terlebih dahulu mengetahui di periode mana elemen tersebut berada. Sodium berada di periode ketiga, jadi akan menggambar tiga cincin (orbit). Kemudian, akan dilihat nomor atom, yang akan memberi tahu  berapa banyak elektron yang dimiliki atom. Natrium adalah nomor atom sebelas, sehingga memiliki sebelas elektron. Untuk mencairkan elektron ke setiap orbit. harus selalu mulai dengan orbit dalam. Orbit bagian dalam hanya cocok maksimal dua elektron. Setiap orbit dapat menampung maksimal delapan elektron. Seperti inilah Model Bohr untuk natrium: Perhatikan orbit luar hanya memiliki satu elektron. Ini berarti bahwa natrium hanya memiliki satu elektron valensi. Kita dapat mengkonfirmasi bahwa natrium memiliki satu elektron valensi dengan melihat kelompok natrium mana yang ada di tabel periodik. Kita akan melihat bahwa natrium terletak di kelompok 1, sehingga kita dapat memastikan bahwa satu elektron valensi benar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun