Mohon tunggu...
Heriyanto Rantelino
Heriyanto Rantelino Mohon Tunggu... Anak Muda Idealis di Tanah Papua

Perantau di Timika, Papua. Kontak 085242441580

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Mengintip Inovasi Revolusioner dan Kesiapan Instansi Perhubungan Menyambut Era Revolusi Industri 4.0

9 Juli 2019   20:38 Diperbarui: 9 Juli 2019   20:53 0 2 1 Mohon Tunggu...
Mengintip Inovasi Revolusioner dan Kesiapan Instansi Perhubungan Menyambut Era Revolusi Industri 4.0
Ilustrasi. Dok:Medium.Com

Ada banyak petualangan hidup yang saya alami di Papua. Salah satunya adalah berkesempatan mengabdi sebagai tenaga honorer di Instansi Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika. Walaupun jauh dari ibu kota negara, tapi tak lantas membuat saya tidak mengikuti perkembangan era kekinian. Topik yang paling hot dibicarakan adalah adanya harapan Presiden Jokowi agar setiap instansi bisa beradaptasi di era revolusi industri 4.0. Kehadirannya  era ini ditandai dengan otomatisasi dan ekonomi digital yang mana akan mengakibatkan pergeseran tren tenaga kerja yang tidak lagi bergantung pada tenaga manusia, tapi pada mesin dalam hal ini teknologi berbasis digital.

Disadari bahwa instansi Perhubungan tidak menutup mata terhadap perubahan yang terjadi. Menghadapi dunia industri yang tengah memasuki era baru yang disebut Revolusi 4.0, instansi  yang pernah dipimpin oleh Ignasius Jonan melakukan berbagai terobosan  revolusioner. Hal ini  sejalan dengan apa yang diharapkan oleh Bapak Presiden Jokowi yang termaktub dalam Roadmap Making Indonesia 4.0 yang mengharapkan agar Indonesia merancang inovasi baru utamanya yang berbasis teknologi digital. 

Oleh karena itu, seluruh pihak yang terkait dengan sektor transportasi perlu merapatkan barisan untuk menghadapi era tersebut.Tak hanya itu, dalam rencana pembangunan jangka panjang nasional 2005-2025 di bidang transportasi, di era Rovolusi Industri 4.0 dituntut mesti  mengintegrasikan dunia fisik dan digital untuk mendukung penyediaan transportasi yang berkeselamatan, pelayanan transportasi massal, sistem logistik nasional, integrasi transportasi serta pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Bagi instansi Perhubungan baik di tingkat Dinas Perhubungan maupun Kementerian Perhubungan, Revolusi Industri 4.0 adalah keharusan yang mesti direspon secara cepat. Sudah ada beberapa bukti bahwa instansi perhubungan sudah menerapkannya. Sebut saja pemesanan ojek, taksi, dan mobil sewa lewat aplikasi GOJEK dan GRAB. Ada juga penerapan E-Ticketing kereta api dan pesawat terbang lewat aplikasi Tiket.com, Pegipegi.com, dan Traveloka.com. Pemesanan tiket kapal laut pun sudah bisa melalui aplikasi Pelni Mobile.  E-Ticketing ini sudah mulai masif diterapkan dalam rangka shifting ke revolusi industri 4.0.

 Shifting ke Revolusi Industri 4.0

Penjelasan Menhub, Pak Budi Karya. Dok:Kemenhub
Penjelasan Menhub, Pak Budi Karya. Dok:Kemenhub

Instansi Perhubungan memiliki peranan yang strategis dimana keberhasilan pembangunan dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya  dan pertahanan keamanan. 

Menghadapi semuanya itu, direncanakan akan dimaksimalkan portal perhubungan baik darat, laut maupun udara  dalam bentuk komputerisasi berbasis digital yang kelak mengintegrasikan 3 data yaitu fungsi integrasi data administrasi, data teknis dan data keselamatan transportasi. Dengan demikian instansi perhubungan tidak mengalami ketertinggalan teknologi di masa depan sekaligus menyajikan data dan informasi akurat dan terpercaya.

Era industri 4.0 menuntut tersedianya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang perhubungan yang akan mempermudah kinerja perhubungan dalam meminimalisasi terjadinya keselamatan, memaksimalisasi kualitas jaringan multi-moda, memaksimalkan manfaat manajemen data dan rekayasa lalulintas dalam kebijakan transportasi. Instansi perhubungan  kini sudah mempunyai sistem TIK Terpadu, mulai dari pengambilan data secara digital, sistem monitoring, sistem operasi, dan pengukuran kinerja, sistem monev hingga sistem dukung kebijakan dan investasi

Adapun beberapa langkah nyata yang sudah diterapkan oleh instansi perhubungan dalam rangka beradaptasi dengan revolusi industri 4.0 sekaligus langkah mewujudkan Good Governance. diantaranya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x